Selasa, 23 September 2014

News / Internasional

Kriminalitas

Artefak Senilai Rp 28,9 Miliar Dicuri dari Museum

Sabtu, 7 April 2012 | 23:37 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Dua artefak dari era Dinasti Qing, China, hilang digondol maling di Inggris utara, Kamis (5/4/2012) malam waktu setempat. Polisi telah menangkap para tersangka pelaku, tetapi artefak tersebut belum ditemukan.

Pihak berwajib Inggris pada Sabtu (7/4/2012) mengatakan, dua artefak tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan diperkirakan bernilai dua juta poundsterling (Rp 28,9 miliar). Dua benda bersejarah itu dicuri dari Museum Oriental Universitas Durham di Inggris utara.

Dua benda yang dicuri dari lantai dasar museum itu adalah sebuah mangkuk besar terbuat dari batu giok yang bertuliskan puisi China dari tahun 1769 dan sebuah patung porselen Dehua. "Dua benda itu sangat signifikan karena keduanya adalah contoh keindahan artefak dari era Dinasti Qing," tutur Craig Barclay, kurator museum itu.

Kepolisian Durham telah menangkap dua pria dan satu perempuan di kawasan West Midlands, yang diduga terlibat dalam aksi pencurian itu. Namun, sampai saat ini, dua artefak itu belum ditemukan.


Penulis: Dahono Fitrianto
Editor : Nasru Alam Aziz
Sumber: