Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Yaman Ditutup Setelah Diserang

Kompas.com - 07/04/2012, 22:25 WIB

Pasukan Angkatan Udara Yaman pada Sabtu (7/4/2012) menyerang dan menutup bandar udara terbesar di ibukota, Sanaa, sebagai protes atas pemecatan komandan mereka.

Jenderal Mohammad Saleh al-Ahmar dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Udara pada hari Jumat.

"Tak ada satu pun pesawat yang lepas landas atau mendarat sejak pasukan ini mengeluarkan ancaman pada Jumat malam," kata seorang sumber Yaman yang dikutip kantor berita AFP.

Dia menambahkan pasukan mengepung bandar udara dan mereka adalah dari suku Hamdan yang mendukung mantan Presiden Ali Abdullah Saleh.

Wartawan BBC untuk kawasan Timur Tengah Yolanda Knell melaporkan penerbangan ke Sanaa untuk sementara dibatalkan atau dialihkan ke tempat lain.

Pasukan yang setia kepada Jenderal al-Ahmar dilaporkan memblokir jalan-jalan ke bandara.

Merombak militer

Jenderal Mohammad Saleh al-Ahmar merupakan orang dekat mantan presiden. Dia menolak mundur setelah diberhentikan oleh Presiden Abdrabuh Mansur Hadi.

Selain memberhentikan Jenderal al-Ahmar, presiden baru juga memecat sejumlah petinggi militer lainnya yang sebelumnya diangkat oleh pendahulunya.

Di antara yang dicopot adalah keponakan laki-laki Ali Abdullah Saleh, Jenderal Tarik Mohammed Abdullah Saleh yang menjabat sebagai kepala pasukan pengawal presiden.

Ali Abdullah Saleh mengundurkan diri Februari lalu menyusul protes massal menentang pemerintahannya. Dia berkuasa selama 33 tahun.

Berdasarkan kesepakatan peralihan kekuasaan, Presiden Abdrabuh Mansur Hadi harus merombak Angkatan Bersenjata Yaman.

Jumat lalu ratusan ribu warga Yaman mengikuti demonstrasi guna menuntut reformasi di tubuh militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com