Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kopi Temanggung Melonjak

Kompas.com - 06/04/2012, 12:57 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Harga kopi di Temanggung, Jawa Tengah, melonjak di pasaran. Lonjakan harga kopi produksi kebun rakyat dipicu menipisnya stok kopi di pasaran, karena musim panen diperkirakan baru terjadi akhir Juni 2012.

Kopi robusta petikan merah awal April 2012, menurut petani kopi di Temanggung, Kiswanto, Jumat (6/4/2012), saat ini rata-rata harganya berkisar Rp 6.000 per kilogram. Untuk kopi biji kering, harganya mencapai Rp 22.000 sampai Rp 23.000 per kilogram.

Dia mengatakan, tingginya harga kopi itu banyak dinikmati oleh pedagang atau pengumpul. Petani tidak menikmati mengingat tidak seiring dengan panen kopi. Produktivitas kopi robusta biasanya ketika musim panen bisa mencapai 1,5 ton per hektar.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Tegoeh Wynarno, menjelaskan, ketika harga melonjak inilah kopi-kopi simpanan pedagang pengumpul, yang dibeli dari petani hasil panen 2011 mulai beredar di pasaran. Stok kopi lama, yang sudah disimpan justru banyak diminati, karena aromanya lebih kuat dibanding kopi yang garu di panen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com