Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Drone" AS Jatuh Lagi di Seychelles

Kompas.com - 05/04/2012, 13:02 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

VICTORIA, KOMPAS.com — Sebuah pesawat tak berawak (drone) MQ-9 Reaper milik Amerika Serikat tergelincir di landasan pacu Bandar Udara Internasional Seychelles dan langsung hilang tercebur ke laut, Rabu (4/4/2012). Ini adalah insiden kedua yang melibatkan drone jenis itu dalam empat bulan terakhir.

Pihak Otoritas Penerbangan Sipil Seychelles (SCAA) menyatakan, pesawat tak berawak itu mengalami masalah teknis tak lama setelah tinggal landas dan mencoba mendarat darurat di Bandara Internasional Seychelles, yang terletak di Pulau Mahe di rangkaian kepulauan resor wisata itu.

"Pesawat sempat menyentuh landasan, kemudian memantul beberapa kali sebelum tercebur ke laut di ujung selatan landasan pacu," sebut pernyataan SCAA itu.

Para saksi mata mengatakan, polisi menutup jalan akses menuju ujung landasan dan menghalangi wartawan yang ingin melihat lokasi terceburnya pesawat. Belum ada keterangan resmi dari pihak Kedutaan Besar AS di Seychelles dan belum jelas misi penerbangan drone tersebut.

Bocoran kawat diplomatik rahasia Kedubes AS pada 2009 menyebutkan, AS mengoperasikan pesawat-pesawat tak berawak dari sebuah pangkalan di Seychelles untuk misi penerbangan ke Somalia dan kawasan lain di Tanduk Afrika. Sumber-sumber setempat di Seychelles mengatakan, pesawat-pesawat itu digunakan untuk melacak bajak laut di kawasan perairan lepas pantai Somalia.

MQ-9 Reaper adalah drone pemburu yang diandalkan AS untuk melakukan misi-misi tempur di Afganistan. Laman resmi Angkatan Udara AS ( http://www.af.mil) menyebutkan, pesawat tersebut dirancang untuk menjalankan misi utama memburu dan membunuh berbagai sasaran yang bergerak dinamis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com