Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Mulai Operasikan Kapal Selam Nuklir Rusia

Kompas.com - 04/04/2012, 14:56 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - India kembali ke klub negara-negara operator kapal selam bertenaga nuklir, setelah mulai hari Rabu (4/4/2012) ini resmi mengoperasikan kapal selam INS Chakra II. Kapal selam nuklir kelas Akula-II adalah kapal buatan dan milik Rusia yang disewakan ke India selama 10 tahun.

Upacara peresmian operasi INS Chakra II dilakukan oleh Menteri Pertahanan India, AK Antony, di pangkalan angkatan laut India di Visakhapatnam di bagian tenggara negara bagian Andhra Pradesh. Kapal yang aslinya bernama Nerpa itu menjadi kapal bertenaga nuklir pertama yang dioperasikan oleh India, setelah kapal nuklir sebelumnya dipensiunkan pada 1991.

Kapal selam berbobot 8.140 ton ini, mampu menembakkan berbagai tipe torpedo dan rudal Granat yang bisa membawa hulu ledak nuklir. Kapal tersebut juga mampu menyelam selama berbulan-bulan, tanpa muncul ke permukaan air.

"Para awak kapal kami akan mendapat pengalaman beroperasi di bawah air selama beberapa bulan nonstop, yang berbeda dengan mengoperasikan kapal diesel-elektrik konvensional, yang harus secara rutin muncul ke permukaan," tutur seorang perwira AL India kepada kantor berita PTI.

Pengoperasian INS Chakra II ini juga akan menjadi latihan bagi para pelaut AL India untuk mengoperasikan kapal selam nuklir buatannya sendiri, INS Arihant. Arihant saat ini sudah memasuki tahap pengujian final, sebelum dioperasikan pada tahun ini juga.

Sebelum ini, hanya ada lima negara operator kapal selam nuklir di dunia, yakni AS, Rusia, Inggris, Perancis, dan China. (AFP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com