Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Negara Peringati 30 Tahun Perang Falkland

Kompas.com - 03/04/2012, 08:32 WIB

KOMPAS.com - Inggris dan Argentina, Senin (2/4/2012), memperingati 30 tahun invasi Malvinas (Inggris menyebutnya Falkland). Sengketa Inggris dan Argentina soal wilayah ini telah memicu perang 74 hari pada tahun 1982.

Ketegangan diplomatik terkait sengketa masih tinggi. Dalam sebuah pernyataan untuk memperingati perang itu, Perdana Menteri Inggris David Cameron menyebut invasi itu sebagai sebuah ”kesalahan mendalam”. Dia menegaskan kembali komitmen pemerintah menjunjung tinggi hak penduduk Kepulauan Falkland untuk menetapkan masa depan mereka sendiri.

Di Argentina, Presiden Cristina Fernandez bersiap memimpin ratusan rapat umum patriotik dengan sebuah pidato yang isinya mendesak Inggris menyerahkan kedaulatan kepulauan yang dikenal orang Amerika Latin sebagai Las Malvinas.

London telah menguasai kepulauan itu sejak 1833. Argentina mengklaim kepulauan itu sebagai wilayahnya. Argentina mewariskannya dari Spanyol saat merdeka. Adalah Inggris yang mengusir populasi Argentina dari kepulauan itu kemudian.

Junta militer Argentina menginvasi kepulauan itu pada 2 April 1982. Mengira akan disambut, pasukan Argentina menemukan penduduk kepulauan itu ingin tetap menjadi bagian dari Inggris, yang kemudian mengirim pasukan.

Setelah perang 10 pekan, pasukan Inggris merebut kembali kepulauan itu. Namun, untuk itu sempat jatuh korban tewas 649 orang dari pihak Argentina, 250 orang dari pihak Inggris, dan 3 penduduk kepulauan.

Hubungan diplomatik dipulihkan oleh Presiden Argentina Carlos Menem tahun 1990. Hubungan ini terus membaik, tetapi mendingin lagi ketika Nestor Kirchner, almarhum suami Cristina Fernandez, menjabat Presiden tahun 2003.

Warga tidak ingin

Hubungan kedua negara memburuk walau Inggris tetap merupakan investor dan mitra dagang penting Argentina. Tahun-tahun belakangan ini Argentina kembali mengajukan klaim kedaulatan. Argentina memperjuangkan hak untuk mengeksploitasi cadangan minyak.

Cristina Kirchner menyebut penguasaan Inggris atas kepulauan itu sebagai bertentangan dengan zaman. Cristina akan membuka selubung monumen dan api abadi bagi pahlawan Argentina yang tewas dalam perang itu. Monumen terletak di kota Ushuaia, Provinsi Tiera del Fuego, wilayah dekat Malvinas.

Di Falkland, hari Minggu, beberapa ratus dari 3.000 penduduk hadir dalam peringatan itu. Mereka menonton Angkatan Pertahanan Kepulauan Falkland yang berjumlah sedikit berbaris di jalan utama. ”Tiga puluh tahun berlalu, dan kami khawatir akan mengalami sebuah invasi lagi. Kami tidak ingin ini lagi, ”kata Mary Lou Agman, seorang penduduk. (AFP/AP/Reuters/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com