Sabtu, 23 Agustus 2014

News / Internasional

Kapal Perusak Rusia Segera Berlabuh di Suriah

Senin, 2 April 2012 | 18:35 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Kapal perusak Rusia segera berlabuh di pelabuhan Tartus, Suriah, dalam beberapa hari setelah memaparkan rencana misi di kawasan tersebut, sejumlah kantor berita mengutip pejabat militer, Senin (2/4/2012).

Kapal perusak yang dilengkapi peluru kendali Smetlivy itu bertolak ke Mediterania dari pangkalan Sevastopol di Laut Hitam akhir pekan kemarin. Kapal itu diperkirakan tiba di pelabuhan Suriah yang disewa Rusia.

"Kapal itu membawa pasokan bahan makanan dan air sebelum melakukan latihan yang sudah direncanakan di pesisir Suriah," kata pejabat Angkatan Laut Rusia.

"(Misi) ini murni berlabuh yang dilakukan hampir semua kapal angkatan laut Rusia yang melakukan latihan di Mediterania," kata seorang pejabat senior di AL Rusia kepada kantor berita Interfax.

Sumber itu mengatakan, awak kapal itu tidak akan meninggalkan pelabuhan selama kapal itu berlabuh.

Tartus merupakan satu-satunya pangkalan yang digunakan Rusia di kawasan Mediterania.

Rusia merupakan sekutu dekat Suriah dan selama ini membentengi Presiden Bashar al-Assad dari kritik Barat karena tindakan kerasnya terhadap para pengunjuk rasa. Berdasarkan data PBB, penumpasan pemberontakan itu telah menewaskan lebih dari 9.000 orang.

Sebelum ini muncul laporan bahwa sebuah kapal Rusia mengirim senjata untuk Pemerintah Damaskus melalui pelabuhan yang sama pada Januari lalu.


Editor : Kistyarini
Sumber: