Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Katak Rayakan HUT Ke-50 di Lebanon

Kompas.com - 02/04/2012, 17:43 WIB

LEBANON, Kompas.com - Akhir pekan lalu menjadi momen yang berkesan bagi sejumlah personel TNI-AL yang berasal dari Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska), yang tergabung di dalam misi perdamaian PBB di Lebanon. Pasalnya, mereka merayakan HUT ke-50 Kopaska di daerah Lebanon Selatan.

Perayaan HUT ke-50 Kopaska ini dilaksanakan pada Sabtu (31/3/12) oleh seluruh personel Kopaska yang tergabung dalam Satuan Tugas Kontingen Garuda untuk Misi Perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL). Sebanyak 40 orang, terdiri dari 10 orang dari Satgas Indo FPC XXVI-D2/UNIFIL dan 30 orang dari Satgas Indo Batalyon Mekanis XXIII-F/UNIFIL di bawah komando Kapten Laut (S) Taufan B Wicaksono, yang merayakannya.

Acara dilaksanakan secara sederhana tetapi mempunyai makna yang sangat mendalam, seperti yang tersirat dalam tema perayaan "HUT 50 Tahun KOPASKA, momentum untuk memperbarui semangat sebagai peacekeepers dunia".

Perayaan ini bertempat di briefing room Kompi C Satgas Indobatt  XXIII-F/UNIFIL di daerah Dierseriane UNP 9-2 Lebanon Selatan. Acara dihadiri oleh Komandan Kompi C Kapten Mar Achmad Yulianto beserta jajarannya, dan dihadiri juga oleh personel yang berasal dari satuan lain seperti Kopassus TNI-AD, Denbravo TNI-AU, Intai Amfibi dan Denjaka Marinir TNI-AL. Kehadiran  personel dari Kopassus dan Denbravo karena mereka telah menjadi bagian dari keluarga besar Kopaska, lantaran telah menempuh pendidikan Sekolah Pasukan Katak (Sepaska).

Sejarah singkat

Komando Pasukan Katak disingkat Kopaska adalah pasukan yang mempunyai kemampuan khusus dari TNI Angkatan Laut yang secara resmi didirikan pada tanggal 31 Maret 1962. Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, yang menggagas lahirnya pasukan ini, dengan tujuan untuk membantunya dalam mendukung kampanye militer di Irian Jaya.

Semboyan Kopaska adalah "Tan Hana Wighna Tan Sirna", yang berarti "Tidak ada rintangan yang tidak dapat diatasi". Tugas utama Kopaska adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai dan operasi pendaratan kekuatan amfibi.

Semoga di usia yang ke-50 tahun ini, Kopaska semakin jaya dan solid dalam mendukung tugas–tugas pengamanan di wilayah perairan, untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (*)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com