Kamis, 23 Oktober 2014

News / Internasional

Korut Tembakkan Rudal Jarak Dekat

Jumat, 30 Maret 2012 | 09:57 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara dilaporkan uji coba peluncuran rudal jarak dekat dari lepas pantai baratnya pekan ini, di tengah kekhawatiran internasional tentang rencananya meluncurkan roket jarak jauh, surat kabar Korea Selatan melaporkan, Jumat (30/3/2012).

Korut diduga menembakkan rudal KN-01 yang memiliki jangkauan hingga 120 kilometer pada Kamis (29/3/2012) pagi dari pangkalan rudal dekat pelabuhan Nampo, Chosun Ilbo melaporkan.

Surat kabar itu mengutip pejabat Seoul yang menolak namanya disebutkan yang mengatakan peluncuran itu tampaknyan bertujuan untuk meningkatkan performa proyektil dan tidak terkait peluncuran roket yang akan dilakukan bulan depan.

Harian JoongAng Ilbo juga melaporkan hal serupa namun menyatakan peluncuran itu dilakukan Rabu. Kementerian Pertahanan Korsel menolak membenarkan laporan tersebut.

Korut sering melakukan uji coba roket jarak dekat dan biasanya terjadi ketika ketegang di wilayah tersebut meningkat.

Para analis mengatakan pemimpin baru Kim Jong Un mencoba menguatkan prestasi militernya dengan melakukan tes rudal jarak dekat sejak kematian ayahnya, Kim Jong Il.

Korut dilaporkan meluncurkan rudal jarak dekat dari pantai timurnya, pada 19 Desember 2011, bersamaan dengan pengumuman mangkatnya Kim Jong Il.

Pada 13 Januari lalu, pejabat Korsel mengatakan, Korut menembakkan tiga rudal jarak dekat dari pantai timur, yang dianggap sebagai latihan rutin militer.


Editor : Kistyarini
Sumber: