Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asma Assad: Saya Ternyata Monster

Kompas.com - 25/03/2012, 06:20 WIB
Kistyarini

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Istri Presiden Suriah Bashar al-Assad, Asma, menyimpulkan bahwa dia seorang "monster" setelah menyelesaikan sebuah tes online tentang kepribadian.

Hal itu terungkap dalam sebuah email yang dikirimnya pada seorang teman, Azmi Mikati, keponakan perdana menteri Lebanon. Mikati diduga menjadi penghubung Asma dengan dunia luar setelah keluarga Assad makin terkucil dari dunia luar.

Mikati juga saling mengirim email dengan Presiden Assad, yang meminta bantuannya untuk membeli iTunes.

Namun Mikati lebih sering berikirim email dengan Asma, perempuan 36 tahun kelahiran London. Asma sering meminta bantuannya, dari membeli DVD Harry Potter hingga mencarikan kursi roda tertentu untuk seseorang yang tidak disebut identitasnya.

Mikati membalas email berisi klaim "monster" itu dengan mengatakan bahwa definisi monster yang dilihatnya di kamus adalah "orang yang memiliki kualitas seperti bidadari, yakni cantik, murni, cerdas, dan baik".

Kepada Mikati jugalah Asma menyebut dirinya "diktator yang sesungguhnya" di keluarga Assad. Asma juga meminta pendapat Mikati tentang wawancara dan pidato suaminya.

Mikati merupakan eksekutif komunikasi yang ayah dan pamannya menghasilkan miliaran dollar dari salah satu perusahaan telepon seluler utama Lebanon.

Lebih dari 3.000 surat dari akun email pribadi keluarga Assad bocor ke publik. Ribuan email yang dikirim dari Juni 2011 hingga Februari 2012 dikirim ke media oleh para aktivis oposisi yang mendapatkan bocoran password dari orang dalam Assad.

Dari ribuan email itu ada juga yang berisi pesan menggoda dari berbagai perempuan kepada Assad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com