Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Memesan 30 Sukhoi Su-30SM

Kompas.com - 23/03/2012, 17:41 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia dikabarkan memesan tambahan 30 unit pesawat tempur Sukhoi Su-30SM kepada perusahaan dirgantara Irkut untuk melengkapi kekuatan udara negara tersebut.

"Menurut kontrak, perusahaan akan mengirim 30 pesawat tersebut kepada Kementerian Pertahanan Rusia pada 2015," ujar seorang juru bicara militer Rusia seperti dikutip kantor berita RIA Novosti, Kamis (22/03/2012).

Nilai kontrak tidak disebutkan. Sukhoi Su-30SM adalah versi pengembangan Su-27UB dan Su-30MKI yang memiliki kursi tandem dan kemampuan tempur udara maupun serangan udara ke darat dan bisa membawa berbagai persenjataan berpandu.

Perbedaan mencolok daripada generasi pendahulunya adalah, pesawat ini dilengkapi pengarah daya dorong mesin (thrust vectoring), yang akan meningkatkan kemampuan manuver pesawat bermesin ganda itu.

Pada Agustus 2011, Irkut menyatakan akan mengirim 40 unit Su-30SM ke Kemhan Rusia, yang terdiri atas 28 unit untuk Angkatan Udara dan 12 unit untuk Angkatan Laut, guna menggantikan pesawat tua Su-24 Fencer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com