Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Selamatkan Putrinya dari Serangan Hiu

Kompas.com - 19/03/2012, 12:01 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

FLORIDA, KOMPAS.com — Seorang ibu dengan sangat berani berhasil menyelamatkan anak perempuannya dari serangan seekor hiu saat keduanya tengah berselancar di kawasan perairan Pantai Florida, Amerika Serikat.

Peristiwa itu terjadi Rabu lalu. Sehari sebelumnya di tempat yang sama juga dilaporkan terjadi serangan serupa oleh ikan hiu terhadap peselancar.

Dilaporkan, Senin (19/3/2012), sesaat sebelum insiden serangan hiu terjadi, sang ibu, Valeh Levy, dan anak perempuannya, Sydney (15), tengah mengayuh papan seluncur mereka menjauhi Pantai New Smyrna. Tiba-tiba seekor hiu menyerang dan dua kali mencoba menarik Sydney ke dalam air. Levy berjuang mati-matian menarik kembali putrinya ke atas papan seluncur.

"Kejadiannya seperti dalam film hiu pembunuh Jaws ketika anak saya seolah diisap masuk ke dalam air. Ketika itu saya berpikir hewan ini tak akan pernah bisa memangsa putri saya. Saya mencengkeram bahunya, menariknya ke atas, lalu menaikkannya ke atas papan seluncur saya," ujar Levy.

Ikan hiu itu terus berenang mengelilingi keduanya. Saat itu dua orang peselancar lain datang dan menolong dengan menarik mereka ke tepi pantai. Begitu sampai di pantai sebuah ambulans langsung datang. Levy dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan darurat dan dibolehkan pulang beberapa jam kemudian.

Ambulans bisa langsung datang mengangkut dan menangani Sydney lantaran beberapa menit sebelumnya serangan juga dialami seorang peselancar remaja pria, Nick Romano (17), yang diserang hiu saat masih berada di perairan dangkal.

Beberapa hari sebelumnya seorang peselancar lain, Frank Wacha, juga diserang seekor hiu jenis besar (bull) sekitar 100 mil dari lokasi serangan terhadap Sydney dan Romano, tepatnya di Pantai Jensen, juga di Florida.

Hiu itu dilaporkan melompat keluar dari air dan menerkam lengan Wacha. Menurut pakar kelautan setempat, Fabien Cousteau, ada banyak faktor terutama kondisi alam yang melatari semakin maraknya serangan ikan hiu.

Salah satu pemicunya adalah perubahan iklim yang berdampak pada berkurangnya sumber makanan bagi hiu. Akibatnya, kondisi itu mengubah pola migrasi dan pergerakan ikan hiu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com