Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joachim Gauck Terpilih Jadi Presiden Jerman

Kompas.com - 19/03/2012, 10:35 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Mantan aktivis prodemokrasi Jerman Timur Joachim Gauck terpilih sebagai presiden Jerman setelah mayoritas anggota parlemen memilihnya, Minggu (18/3/2012).

Lelaki 72 tahun itu mendapat dukungan dari partai-partai besar dan mendapat 991 dari 1.232 suara yang masuk, ungkap ketua parlemen Jerman Norbert Lammert.

Gauck merupakan mantan pendeta yang menentang rezim komunis Jerman Timur dan menjadi kepala badan federal yang mengawasi data intelijen Jerman Timur pasca-reunifikasi Jerman pada 1990.

Gauck tampak terharu ketiak dia menerima hasil pemungutan suara yang menjadikannya kepala negara baru. Presiden Jerman merupakan jabatan seremonial, namun dianggap memegang peran moral yang sangat penting.

"Saya menerima tugas ini. Setelah melalui perjalanan politik yang berliku-liku pada abad 20, saya menerimanya dengan penuh rasa syukur sebagai seseorang yang akhirnya dan tidak diduga menemukan kembali rumahnya serta bisa berpartisipasi di masyarakat demokratis dalam 20 tahun terakhir," kata Gauck saat memberi sambutan di hadapan anggota parlemen.

"Pastinya saya tidak akan mampu memenuhi semua harapan," ujarnya. "Tetapi satu hal yang bisa saya janjikan: Saya akan mengiyakan dengan semua kemampuan dan hati untuk menjalankan tanggung jawab yang Anda percayakan pada saya."

Gauck tidak memiliki afiliasi politik sama sekali namun berhasil mendapat dukungan dari partai-partai utama di negara itu setelah pendahulunya, Christian Wulff, mengundurkan diri akibat skandal korupsi bulan lalu.

Ketika Gauck dinominasikan, Kanselir Jerman Angela Merkel menggambarkan Gauck sebagai "guru demokrasi yang sejati". Gauck menjadi oposisi dari kandidat dukungan Merkel, Wulff, dua tahun lalu. Partner junior dalam koalisi Merkel mendesaknya untuk menerima pencalonan Gauck dalam upaya kedua ini.

Minggu kemarin, Merkel mengatakan Jerman boleh bangga pada presiden baru mereka, yang terpilih dengan "hasil yang sangat meyakinkan."

Merkel, yang juga berasal dari Jerman Timur, menambahkan, terpilihnya Gauck menunjukkan kesuksesan reunifikasi Jerman. "Kita juga bisa sedikit bangga karenanya," kata Merkel seraya menambahkan kemajuan harus tetap dilakukan untuk memastikan wilayah bekas Jerman Timur berhasil menyusul kemakmuran yang sudah dicapai Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com