Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunani Peroleh Akses 2,159 Persen dari Kuota

Kompas.com - 16/03/2012, 11:07 WIB
Orin Basuki

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional  (IMF) memberikan pengecualian kepada Yunani berupa akses ke sumber daya pendanaan sebesar 2,159 persen di atas kuotanya. Hanya dengan cara ini IMF dapat mengucurkan suntikan modal dengan nilai total setara 36,7 milliar dollar AS yang sudah disetujui Dewan Eksekutif IMF pada 15 Maret 2012 atau Jumat (16/3/2012) dini hari WIB.

Demikian diungkapkan IMF dalam siaran resmi dari Washington DC yang diterima Kompas di Jakarta, Jumat siang.

Dari total suntikan modal tersebut, Yunani sudah diperkenankan untuk mendapatkan suntikan modal segera senilai 2,2 miliar dollar AS. Suntikan modal yang diberikan dalam paket fasilitas dana tambahan (EFF) akan dicairkan secara bertahap selama empat tahun sehingga totalnya mencapai 36,7 miliar dollar AS. Jumlah itu setara dengan 2,159 persen jatah yang seharusnya diterima Yunani.

Dengan adanya kesepakatan ini, IMF secara otomatis membatalkan perjanjian suntikan modal sebelumnya, yakni fasilitas perjanjian dana siaga (SBA) untuk tiga tahun. SBA ini disepakati pada Mei 2010.

Meski sudah ada kesepakatan dalam skema EFF, Yunani belum tentu terbebas dari masalah. Sebab kebutuhan suntikan modal terhadap Yunani sebenarnya mencapai 170 milliar dollar AS. Ini kebutuhan modal tahap kedua bagi Yunani. Sebelumnya, ada tahap pertama yang mencapai 44 milliar sollar AS.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menegaskan, Yunani telah membuat upaya luar biasa untuk mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang menyakitkan secara luas dalam dua tahun terakhir. Itu dilakukan meskipun Yunani berada di tengah resesi ekonomi yang dalam dan kondisi sosial yang sulit. Defisit fiskal Yunani diturunkan.

Akan tetapi, tantangan yang menghadang masih cukup signifikan, terutama dengan rendahnya daya saing ekonomi, utang pemerintah yang tinggi, dan sistem bank yang kekurangan modal.

"Namun, program dukungan modal akan membuat Yunani mampu menghadapi tantangan-tantangan itu sembari tetap bergabung dalam Zona Euro. Program ini fokus pada restorasi daya saing dan pertumbuhan ekonomi, keberlangsungan fiskal, dan stabilitas finansial," kata Lagarde.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com