Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Ibu Hamil Kekurangan Energi

Kompas.com - 08/03/2012, 19:22 WIB

KOMPAS.com - Bagaimana memastikan bahwa kehamilan Anda selalu sehat? Salah satu caranya adalah dengan menjaga kebugaran. Namun, banyak ibu hamil yang kesulitan menemukan waktu, motivasi, ataupun mendapatkan energi untuk latihan maupun makan dengan sehat. Erica Ziel, pakar kebugaran dan nutrisi dari Core Athletica Inc., paham betul mengenai hal ini. Sebagai ibu dari tiga orang anak, ia tentu sudah berpengalaman menghadapinya. Oleh karena itu, ia memberikan cara-cara mudah untuk membantu menjaga nutrisi dan kebugaran Anda.

Tidak malas berjalan. Mentang-mentang perut terasa berat, Anda memilih untuk duduk-duduk atau tiduran sepanjang hari. Ibu hamil disarankan untuk latihan selama 30-60 menit selama enam hari seminggu. Anda tidak perlu membayangkan latihan yang berat. Cukup berjalan santai saja. Awali dengan periode waktu yang lebih pendek, misalnya 8 menit. Begitu Anda memulainya, Anda mungkin akan merasa lebih bugar dan mendapat lebih banyak energi.

Cari teman untuk berlatih. Paling asyik sih, kalau Anda punya teman yang juga sedang hamil. Dengan demikian Anda bisa saling memberi semangat untuk mengikuti senam hamil atau latihan lain seperti yoga prenatal atau Pilates. Tetapi kalau pun Anda harus pergi sendiri, Anda tetap akan menemukan sesama ibu hamil di kelas-kelas yoga. Mereka pasti akan senang untuk berbagi dengan Anda. Kalaupun tidak bisa mengikuti kelas yoga, Anda tetap bisa latihan atau sekadar jalan pagi dengan suami atau keluarga yang lain.

Tak harus keluar rumah. Mau keluar rumah saja malas, apalagi pergi ke gym. Nah, siapa bilang Anda harus ke gym segala? Anda bisa membeli DVD-DVD latihan untuk ibu hamil, sehingga bisa latihan sendiri di rumah. Banyak program latihan selama 8 sampai 20 menit yang dirancang dengan modifikasi untuk menyesuaikan tingkat energi Anda setiap hari. Malas membeli DVD? Ya sudah, tonton aja melalui YouTube.

Rekam kegiatan Anda
. Cara terbaik untuk mencapai tujuan kebugaran dan nutrisi Anda adalah dengan mencatat seluruh kegiatan Anda. Catatan kegiatan ini akan membantu ketika tiba waktunya Anda kontrol ke dokter. Ketika ternyata berat badan Anda kurang, atau justru berlebihan, dokter bisa memberikan solusi dengan bantuan rekaman yang Anda buat.

Fokus pada otot inti. Yang dimaksud otot-otot inti adalah otot pada seluruh tubuh kecuali bagian tangan dan kaki. Mengaktifkan otot-otot inti dapat membantu mengurangi nyeri punggung yang mungkin terjadi selama kehamilan. Selain itu, Anda juga akan mengalami persalinan yang lebih mudah. Untuk melatih otot-otot ini tanpa merasa tidak nyaman, cobalah berlatih Pilates. Hindari latihan seperti crunch yang berfungsi untuk melatih otot perut. Lakukan saja latihan kardio yang low impact, seperti berjalan di treadmill atau elliptical machine di gym.

Jangan berlebihan. Ketika perut semakin membesar, wajar bila Anda merasa makin sulit melakukan latihan. Kalau sudah begini, dengarkan keluhan tubuh Anda, dan jangan memaksa melakukan sesuatu yang berat. Jika saat latihan Anda bahkan tak bisa ngobrol dengan orang di sebelah Anda, artinya Anda harus memperlambat tingkat latihan Anda. Jangan lupa untuk banyak minum air putih!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com