Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Titanic di Museum National Geographic

Kompas.com - 06/03/2012, 23:19 WIB
Pieter P Gero

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com -- Memperingati 100 tahun tenggelamnya kapal Titanic pada 15 April 2012, Museum National Geographic di Washington, Amerika Serikat, menyelenggarakan pameran. Berbagai hal menyangkut sejarah dan studi tentang kapal penumpang yang tenggelam pada 15 April 1912 di belahan utara Samudera Atlantik, dekat perairan Kanada.

"Titanic: Obsesi 100 Tahun" akan menekankan karya Robert Ballard, orang yang menjadi pimpinan bersama tim yang berhasil menemukan lokasi puing kapal Titanic pada tahun 1985. Pameran juga menampilkan James Cameron, sutradara film Titanic. Cameron yang mengorganisasi 33 penyelemanan ke lokasi tenggelamnya Titanic.

Dalam pameran yang berlangsung mulai 29 Maret hingga 8 Juli, akan ditampilkan bagaimana pembangunan dan rekayasa pembuatan kapal Titanic, demikian pula gambar-gambar cantik Titanic. Juga akan disajikan model skala yang rinci soal kapal, begitu juga model kerja dari ruang mesin dan ruang radio. Replika dan barang untuk pembuatan film Titanic juga akan dipamerkan.

Titanic tenggelam setelah menabrak gunung es di Samudera Atlantik bagian utara, dalam perjalanan perdana dari Inggris dengan tujuan New York, AS. Lebih dari 1.500 jiwa dari 2.228 penumpang dan anak buah kapal Titanic tewas dalam musibah itu.

Selain pameran, pada 15 April nanti juga akan dilelang sekitar 5.000 benda-benda dari Titanic, termasuk bagian dari lambung kapal Titanic. Lelang akan dilakukan di New York, oleh Guernsey's Auctioneers & Brokers. Rumah lelang ini sebelumnya suskes dalam pelelangan foto grup musik asal Liverpool, Inggris, perhiasan yang terkenal milik Putri Diana dari Inggris, gitar kesayangan Jerry Garcia.

Namun demikian, Presiden Rumah Lelang Guernsey's Arlan Ettinger melihat lelang benda-benda dari Titanic ini sesuatu yang sangat signifikan yang pernah dilakukan rumah lelang yang dipimpinnya.

Lelang benda-benda dari Titanic ini diharapkan bisa mengumpulkan dana 189 juta dollar AS berdasarkan penilaian tahun 2007. Benda-benda tersebtu berhasil diambil dari dasar Samudra Atlantik pada kedalaman 3,2 kilometer menggunakan robot yang dikendalikan dari atas permukaan samudera.

Lokasi keberadaan bangkai Titanic sekitar 643 kilometer dari Newfoundland, Kanada, ditemukan pada tahun 1985 oleh sebuah tim internasional yang dipimpin ahli kelautan Robert Ballard.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com