Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Antikapal Selam Armada Utara Mulai Dioperasikan

Kompas.com - 05/03/2012, 23:14 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com -- Armada Utara AL Rusia mulai mengoperasikan kembali pesawat antikapal selam Ilyushin Il-38N yang sudah dimodernisasi, Senin (5/3/2012). Selain dilengkapi kemampuan tempur yang lebih besar, pesawat ini juga akan digunakan untuk riset ilmiah.

"Sebuah Il-38N yang sudah dimodernisasi telah diterima pangkalan udara Armada Utara. Pesawat ini memiliki kemampuan tempur yang lebih luas. Pesawat tipe ini juga bisa digunakan untuk memetakan medan magnet dan gravitasi di Laut Es Utara, dan juga untuk menjalankan riset ilmiah oseanografi, sekaligus untuk pengintaian udara dan bawah air," papar juru bicara Armada Utara Kapten Vadim Serga, Senin.

Il-38 adalah pesawat dengan empat mesin baling-baling yang oleh Uni Soviet dikembangkan sebagai pesawat antikapal selam dari pesawat penumpang Ilyushin Il-18 pada awal 1960-an. Menurut buku Military Balance 2010, AL Rusia masih mengoperasikan 29 unit pesawat jenis ini.

Sebagian besar pesawat itu akan menjalani modernisasi menjadi Il-38N, yang dilengkapi sistem sensor Novella. Sistem, yang terdiri atas perangkat komputer digital yang diawaki dua orang, ini, mampu mendeteksi sasaran dalam radius 320 kilometer dari pesawat, dan dilengkapi radar yang mampu mengawasi sasaran di udara, permukaan, dan bawah laut.

Sistem baru ini juga dilengkapi dengan sistem pencitraan termal resolusi tinggi, sistem deteksi anomali magnetis, sistem deteksi optikal, dan detektor anomali gravitasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com