Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tornado Tewaskan 18 Orang di AS

Kompas.com - 03/03/2012, 13:42 WIB

INDIANA, KOMPAS.com — Tornado yang menerjang Indiana, Amerika Serikat, Jumat (2/3/2012), menewaskan 13 orang, kata sejumlah pejabat negara bagian itu. Di Kentucky, lima orang tewas akibat badai yang berkaitan dengan tornado, kata pejabat di Kantor Gubernur Steve Beshear, Jumat.

Badai kuat yang menerpa mulai dari Gulf Coast sampai Great Lakes itu meluluhlantakkan dua kota kecil di Indiana, Jumat. Badai itu mencabik atap sekolah dan rumah, meratakan gedung pemadam, menjungkirbalikkan traktor serta truk dan merusak kompleks penjara dengan pengamanan maksimum. Itu merupakan tornado mematikan kedua dalam satu pekan.

Pemerintah melaporkan, korban jiwa terdapat di Indiana, di mana bangunan menjadi rata dengan tanah. Marysville dan Henryville, yang lokasinya berdekatan, juga menderita rusak parah. Masing-masing kota itu dihuni oleh 2.000 warga.

Pemandangan dari helikopter televisi berita yang terbang di atas Henryville memperlihatkan banyak rumah menjadi puing, sebagian dengan atap terlepas. Gambar video yang diambil WLKY di Louisville, Kentucky, juga memperlihatkan sebuah bus sekolah yang ringsek, sementara bangunan satu lantai dan puluhan bangunan semipermanen porak-poranda. Sebuah sekolah menengah di Henryville rusak parah dan lantai dua bangunan sekolah di sebelahnya tercabik. Pemerintah menyatakan kegiatan sekolah sedang berlangsung ketika tornado menerjang, tetapi hanya ada korban cedera ringan.

Ancaman tornado diperkirakan berlangsung sampai Jumat larut malam waktu sempat di beberapa bagian Kentucky, Tennessee, Indiana, dan Ohio. Petugas ramalan cuaca di Storm Prediction Center, National Weather Service, di Oklahoma mengatakan, rangkaian besar badai membuat 10 juta orang di beberapa negara bagian AS menghadapi risiko tinggi terkena cuaca ekstrem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com