Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Australia Tunjuk Menlu Baru

Kompas.com - 02/03/2012, 10:49 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Australia Julia Gillard menunjuk mantan Menteri Utama New South Wales Bob Carr untuk mengisi posisi menteri luar negeri yang ditinggalkan Kevin Rudd, Jumat (2/3/2012).

Carr pernah menjadi menteri utama di negara bagian New South Wales sejak 1995. Dia dianggap sebagai tokoh penting di balik kesuksesan Olimpade 2000 di Sydney.

Gillard mengalahkan Rudd dalam pemilihan internal ketua Partai Buruh, Senin (27/2/2012), menyusul pengunduran diri Rudd sebagai menlu pekan lalu. Hal ini memicu spekulasi bakal adanya perombakan kabinet.

PM perempuan pertama Australia itu membuat media dan para pengamat politik negara itu menebak-nebak soal perombakan kabinet itu menjelang pengumuman yang dilakukan Jumat tengah hari ini.

Gillard mengatakan, dia senang karena Carr bersedia menerima penunjukannya. Media Australia melaporkan, tawaran (menjadi menlu) sudah diajukan awal pekan ini, tetapi ditarik kembali setelah ada penolakan dari menteri-menteri Partai Buruh.

Berbicara tentang penunjukannya, Carr mengaku tidak bisa menolak ketika Gillard menawarkan posisi itu pada "Kamis pagi". "Anda tidak bisa memilih momen. Sangat sering, momen yang memilih kita," kata Carr dalam konferensi pers.

Carr melontarkan pujian atas prestasi Kevin Rudd selama menjabat sebagai menlu. Dikatakannya, dia akan meminta masukan dari Rudd untuk sejumlah masalah, misalnya hubungan Australia dengan Myanmar. Dia berjanji akan memimpin dalam upaya Australia untuk menjadi anggota Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Stephen Smith, mantan menlu yang digadang-gadang untuk menggantikan Rudd, tetap pada posnya. Menurut Gillard, Smith harus membuat "sejumlah keputusan besar". Gillard menegaskan, fokusnya saat ini adalah membentuk "tim terkuat".

Gillard juga mengganti Menteri Manajemen Tanggap Darurat Robert McClelland, mantan jaksa agung yang dikenal sebagai pendukung kuat Rudd.

"Saya rasa Robert McClelland adalah anggota Partai Buruh yang hebat dari keluarga Partai Buruh yang hebat dan dia akan terus bekerja untuk partai," lanjut Gillard.

Menteri-menteri lain yang selama ini mendukung Rudd tetap pada pos masing-masing, seperti Menteri Sumber Daya Alam Martin Ferguson, Menteri Transportasi Anthony Albanese, dan Menteri Imigrasi Chris Bowen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com