Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Pengangguran di Eropa Capai Rekor Tertinggi

Kompas.com - 01/03/2012, 22:41 WIB
Johanes Waskita

Penulis

LONDON, KOMPAS.com -  Pengangguran massal di Yunani dan Spanyol, membuat tingkat pengangguran di 17 negara yang menggunakan mata uang euro mencapai rekor tertinggi sejak mata uang bersama itu digunakan tahun 1999. Di dua negara itu hampir separuh dari warga usia 25 tahun ke bawah tidak bekerja,

Berdasarkan data yang dikeluarkan Eurostat, kantor statistik Uni Eropa, Kamis (1/3/2012), tingkat pengangguran di zona euro mencapai 10,7 persen di bulan Januari 2012, naik dari 10,6 persen di bulan Desember.

Dengan demikian, terdapat 16,9 juta angkatan kerja di negara pengguna euro yang menaganggur. Di Italia, tingkat pengangguran naik menjadi 9,2 persen di bulan Januari.

Menurut Badan Statistik Nasional Istat, angka ini adalah yang tertinggi sejak tingkat pengangguran dicatat tiap bulan. Spanyol masih menjadi negara pengguna euro dengan angka pengangguran tertinggi, yaitu 23,3 persen.

Adapun di Austria hanya empat persen warga berusia produktif yang tidak memiliki pekerjaan. Dalam laporan terbarunya, Eurostat mengatakan tingkat pengangguran di 27 negara Uni Eropa mencapai 10,1 persen di bulan Januari, dengan total 24,3 juta orang tidak memiliki pekerjaan.

Naiknya pengangguran ini terjadi hanya sehari setelah Bank Sentral Eropa (ECB) mengumumkan menyediakan pinjaman berbunga lunak senilai 530 miliar euro (atau 713 miliar dollar AS) untuk 800 bank di seluruh Uni Eropa.

Pengumuman ini, kucuran dana berbunga rendah kedua yang dilakukan ECB, disambut gembira oleh pasar modal, dan harga saham perbankan menguat sepanjang Rabu. (AP/was)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com