Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Itu Aman dari Bajak Laut

Kompas.com - 28/02/2012, 13:23 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

NAIROBI, KOMPAS.com — Kapal pesiar dari perusahaan Costa Crociere, Italia, kembali bermasalah saat berlayar dari Madagaskar menuju Kepulauan Seychelles, Senin (27/2/2012). Kapal bernama Costa Allegra itu terhanyut di tengah laut tanpa tenaga setelah mesinnya tak berfungsi akibat kebakaran.

Kapal berbobot mati 29.000 ton tersebut dalam perjalanan dari pelabuhan Diego Suarez, Madagaskar, menuju ibu kota Seychelles, Victoria, saat api muncul di tengah perjalanan, sekitar 320 kilometer arah barat daya Seychelles. Kapal dilaporkan berada di kawasan laut dalam sehingga tak ada risiko kandas atau menabrak karang.

Pihak perusahaan Costa Crociere menyatakan, api sudah dipadamkan dan tak ada seorang pun yang terluka. Kapal tersebut membawa 636 penumpang dan 413 awak kapal. Para penumpang, empat di antaranya anak-anak, berasal dari 25 negara, termasuk Perancis (127 penumpang), Italia (126), Jerman (38), Inggris (31), Kanada (13), dan AS (8).

Sebuah kapal nelayan Perancis tiba di lokasi Costa Allegra sekitar pukul 22.30 GMT atau Selasa (28/2/2012) pagi, dan membantu komunikasi kapal dengan pihak penjaga pantai Italia dan Seychelles. Kapal nelayan tersebut melaporkan, lampu masih hidup di atas kapal pesiar itu menggunakan baterai cadangan, tetapi pendingin ruangan dan alat masak tidak bisa dinyalakan.

Pihak Costa Crociere mengatakan, para awak kapal telah mengumpulkan seluruh penumpang di titik-titik evakuasi di geladak kapal untuk mengantisipasi hal terburuk. Karena alat masak mati, para penumpang hanya diberi roti, air minum, dan buah-buahan sambil menunggu helikopter penyelamat datang membawa bahan makanan.

Kapal juga dinyatakan aman dari ancaman bajak laut karena seperti kapal-kapal lain yang beroperasi di Samudra Hindia, Costa Allegra membawa tim pasukan khusus antiperompak dari Angkatan Laut Italia.

Pihak penjaga pantai Seychelles mengatakan, kapal nelayan Perancis itu untuk sementara menarik Costa Allegra sebisa mungkin menuju Pulau Desroches, sekitar 200 kilometer dari posisi kapal saat ini. Dua kapal tunda sudah diberangkatkan menuju lokasi kapal dan diharapkan tiba Selasa petang ini.

Sebelumnya, kapal milik Costa Crociere lainnya, Costa Concordia, kandas dan terguling di lepas pantai Pulau Giglio, Italia. Sebanyak 25 penumpang tewas dan hingga saat ini tim penyelamat masih mencari tujuh penumpang yang hilang. (Reuters/AP/AFP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com