Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Putin Bicara Keperawanan

Kompas.com - 28/02/2012, 11:44 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Pekan depan, rakyat Rusia akan mengikuti pemilihan presiden. Iklan kampanye pun mulai bertebaran, khususnya di televisi. Tak terkecuali iklan kampanye untuk Perdana Menteri Vladimir Putin yang berupaya menjadi presiden Rusia untuk kali ketiga.

Namun, iklan kampanye yang satu ini memantik kontroversi. Iklan televisi itu menggambarkan seorang gadis yang ingin melepas keperawanan, tetapi dia bingung memilih kepada siapa dia akan menyerahkan kegadisannya. Karena itu, dia mendatangi seorang peramal untuk mengetahui sosok lelaki pertamanya.

"Mari kita cari, siapa lelaki yang ditakdirkan untukmu," kata sang peramal dalam iklan tersebut.

"Saya berharap saya melakukannya (berhubungan seks) karena cinta. Ini yang pertama bagi saya," ujar si gadis.

Ternyata, ketika sang peramal membalik selembar kartu, yang tampak adalah wajah sang perdana menteri.

AFP melaporkan, iklan itu merupakan bagian dari seri iklan yang dibuat biro iklan Aldus ADV. Biro itu mengaku membuat iklan tersebut berdasarkan konsep "untuk menarik kaum muda agar berpartisipasi" dalam pemilihan presiden yang akan datang. Namun, perusahaan itu tidak mengungkap siapa pemesan klip iklan tersebut.

Iklan itu mendapat berbagai komentar miring, terutama dari kelompok oposisi dan para blogger, ungkap BBC. Salah seorang blogger yang menggunakan nama @step_42 menyindir iklan itu dengan mengatakan, "Putin. Hanya karena cinta untuk kali pertama? Yang ketiga jelas-jelas pemaksaan."

Seperti diketahui, Putin menjadi presiden Rusia untuk dua kali masa jabatan, mulai dari tahun 2000 hingga 2008. Namun, berdasarkan konstitusi, dia tidak bisa menduduki posisi itu untuk tiga masa jabatan berturut-turut.

Langkah yang diambil Putin pada pemilihan presiden 2008 adalah memberi kesempatan Dmitry Medvedev (ketika itu perdana menteri) untuk mengikuti pemilihan presiden dan memenanginya, sementara dia menduduki kursi perdana menteri. Jika memenangi pemilihan presiden pada pekan depan, Putin akan menjadi presiden untuk kali ketiga.

Kampanye pencitraan Putin selama ini selalu menunjukkan sisi macho mantan agen dinas rahasia yang pernah dua kali menjadi presiden itu. Pada November 2011, Putin tampil mengenakan baju selam. Sebelumnya, dia ditampilkan sedang berburu paus, memancing, menunggang kuda dengan bertelanjang dada, dan berbagai aktivitas maskulin lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com