Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Osama Rata Tanah

Kompas.com - 28/02/2012, 03:15 WIB

ABBOTTABAD, SENIN - Setelah dikerjakan sejak Sabtu malam, pembongkaran gedung tempat tinggal sekaligus persembunyian pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, Senin (27/2), akhirnya selesai.

Menurut aparat keamanan, seluruh bagian bangunan berlantai tiga itu sudah rata dengan tanah dan hanya tersisa tembok beton yang mengelilingi lokasi tempat gedung tersebut sebelumnya berdiri.

”Bangunan tiga lantai itu sudah selesai diratakan dengan tanah. Kami diperintahkan tetap di sini sampai ada instruksi lebih lanjut. Pagar luar tetap dipertahankan sementara waktu. Kami belum tahu bagaimana rencana selanjutnya. Sekarang hanya tinggal membersihkan reruntuhan yang ada,” ujar salah seorang aparat keamanan.

Sebelumnya diketahui, Pemerintah Pakistan memulai penghancuran kompleks bangunan mewah di kota yang terkenal sebagai resor wisata itu tanpa didahului pemberitahuan resmi kepada publik.

Sedikitnya 500 personel kepolisian dikerahkan untuk mencegah warga sipil dan jurnalis mendekati lokasi itu. Para wartawan bahkan kesulitan mengambil gambar dari kejauhan lantaran dihalang-halangi.

Penghancuran gedung itu dilakukan aparat keamanan dan militer yang dikerahkan menggunakan sejumlah alat berat.

Bangunan dan kota Abbottabad menjadi sangat terkenal pasca-terungkapnya lokasi persembunyian Osama di daerah itu. Warga sekitar mengaku ingin lokasi kompleks bangunan itu dijadikan sekolah untuk anak perempuan. Menurut seorang warga, Daud Khan, di sekitar tempat itu belum ada sekolah menengah atas untuk anak perempuan.

”Pendirian sekolah untuk anak perempuan di atas lokasi itu bakal bisa menjadi pesan yang kuat bagi para militan dan dunia. Apalagi mengingat mereka (para militan) menentang itu,” ujar warga lain, Mohammad Siddique.

Selama lima tahun Osama tinggal di daerah itu bersama tiga istri, sembilan anak, dan sejumlah pengikut setia tanpa terdeteksi. Kondisi itu mengundang banyak pertanyaan mengingat Abbottabad juga markas Akademi Militer Pakistan serta tempat tinggal petinggi militer.

Sempat ditunda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com