Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Tarik Juke karena Kebocoran Bahan Bakar

Kompas.com - 27/02/2012, 22:10 WIB
Pieter P Gero

Penulis

DETROIT, KOMPAS.com — Perusahaan otomotif Jepang, Nissan Motor Company, mengumumkan penarikan kembali untuk perbaikan lebih dari 79.000 kendaraan yang terjual di pasar Amerika Serikat untuk memastikan apakah ada kebocoran bahan bakar.

Seperti dilaporkan kantor berita AP, Senin (27/2/2012), Nissan memastikan mobil-mobil yang ditarik kembali itu adalah Nissan Juke yang merupakan mobil sport utilities vehicle (SUV) jenis kecil, Nissan Infiniti QX yang merupakan jenis SUV besar, dan Infiniti M jenis sedan. Mobil-mobil ini keluaran 5 Oktober 2009 hingga 27 Desember 2011.

Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional menegaskan dalam situs webnya, sensor tekanan bahan bakar pada kendaraan-kendaraan tadi kemungkinan tidak cukup ketat. Hal ini bisa menyebabkan bahan bakarnya bocor dan menimbulkan kebakaran.

Pihak Nissan menegaskan, sejauh ini belum ada laporan telah terjadi kebakaran akibat kebocoran bahan bakar pada mobil-mobil Nissan yang dimaksud.

Penarikan kembali mobil-mobil Nissan itu baru diumumkan di Amerika Serikat sekalipun Nissan Juke dilaporkan juga dijual di Asia, termasuk Indonesia. Dealer mobil Nissan akan memperbaiki mobil-mobil itu dengan memperketat sensor bahan bakar atau menggantikan perekat. Semuanya gratis karena semata untuk mengatasi problem yang ada.

Penarikan kembali untuk perbaikan ini akan dimulai pada 19 Maret 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com