Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Osama Dihancurkan

Kompas.com - 27/02/2012, 05:57 WIB

ABBOTTABAD, MINGGU - Tanpa alasan jelas dan tanpa pemberitahuan resmi, aparat keamanan Pakistan menghancurkan kompleks bangunan berlantai tiga di kota Abbottabad. Itu adalah tempat persembunyian almarhum Osama bin Laden, pemimpin jaringan teroris Al Qaeda.

Di bangunan itu Osama, juga salah seorang putranya, dan beberapa pengikutnya tewas diserang pasukan khusus militer AS, Navy SEALs, pada Mei 2011. Belakangan diketahui Osama beserta ketiga istri, belasan anak, serta pengikut setia bersembunyi selama beberapa tahun di bangunan mewah di kawasan wisata, yang tak jauh dari akademi militer Pakistan.

Proses penghancuran kompleks bangunan itu mulai dilakukan Sabtu (25/2) dengan pengamanan ketat aparat keamanan setempat. Para warga dan jurnalis dilarang mendekat ke lokasi walau untuk sekadar mengambil gambar dari kejauhan.

”Pihak yang mengerjakan adalah pasukan keamanan. Mereka sudah bekerja semalaman dan terus berlanjut sampai sekarang,” ujar salah seorang petugas polisi di lokasi.

Sejumlah alat berat dikerahkan ke lokasi perumahan itu. Alat-alat berat itu dipakai untuk menjebol dan merobohkan bangunan beton, yang sangat tertutup ketika Bin Laden masih hidup.

Sekitar 500 personel polisi dikerahkan dan tampak berjaga-jaga. Sejak kematian Osama, kompleks bangunan dikuasai dan berada di bawah pengawasan pihak keamanan Pakistan.

Menurut pejabat Pakistan, beberapa saat sebelum operasi penghancuran bangunan, aparat keamanan menyerahterimakannya kepada pejabat sipil setempat.

Sebetulnya bangunan itu sudah direncanakan akan dihancurkan sejak lama, atau tak lama setelah operasi penyerangan Navy SEALs.

Jangan jadi pemujaan

Akan tetapi, rencana itu tertunda setelah Pemerintah Pakistan justru mengeluarkan perintah pengadilan untuk menyelidiki operasi yang dilakukan AS. Pemerintah Pakistan marah karena AS sama sekali tidak berkoordinasi dengan mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com