Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strauss-Kahn Diperiksa Berkaitan dengan Jaringan Prostitusi

Kompas.com - 21/02/2012, 22:33 WIB
Pieter P Gero

Penulis

PARIS, KOMPAS.com — Mantan Direktur Dana Moneter Internasional (IMF), Dominique Strauss-Kahn, Selasa (21/2/2012), ditahan untuk diperiksa polisi Perancis dalam upaya penyelidikan dugaan adanya jaringan prostitusi hotel yang melibatkan Strauss-Khan.

Strauss-Kahn, yang merupakan salah satu calon kuat presiden Perancis, kemudian namanya merosot akibat tuduhan melakukan aksi seksual di sebuah hotel di New York, Amerika Serikat, Mei 2011 lalu, kemarin tiba di kantor polisi di Lille, sebuah kota di Perancis utara. Dia berada di sana sampai sore hari untuk menjawab pertanyaan polisi berkaitan penyelidikan jaringan protitusi internasional.

Polisi Perancis berniat mengumpulkan bukti adanya jaringan prostitusi di Perancis dan Belgia yang melibatkan polisi dan pejabat lainnya. Mereka telah mengajukan pertanyaan kepada sejumlah anggota jaringan prostitusi ini, yang mengaku melakukan hubungan seks dengan Strauss-Khan sepanjang tahun 2010 dan tahun 2011 di sebuah hotel mewah di Paris, sebuah restoran di ibu kota Perancis itu, dan juga di Washington DC, ibu kota AS.

Kantor berita AP melaporkan, UU Perancis memungkinkan polisi menanyai Strauss-Khan selama 24 jam. Pertanyaan bisa dilakukan selama 48 jam dengan persetujuan hakim.

Strauss-Khan tinggal di Washington DC selama dia menjadi Direktur IMF. Dia mengundurkan diri dari IMF bulan Mei setelah dituduh kepolisian New York memaksa seorang pelayan hotel melakukan oral seks. Tuduhan ini kemudian dibatalkan.

Dua pria yang dikaitkan dengan kasus Strauss-Khan sebelumnya sudah diperiksa kepolisian Perancis, dengan tuduhan mengorganisasi sebuah jaringan prostitusi dan penyalahgunaan dana perusahaan.

Nama Strauss-Khan muncul dalam sebuah penyelidikan musim gugur lalu, dan pengacaranya meminta Strauss-Khan membeberkan cerita soal skandal jaringan prostitusi ini dari sisinya. Salah seorang pengacara Strauss-Khan mengemukakan, mantan calon presiden Perancis yang tadinya cukup berpeluang ini tidak mengetahui bahwa perempuan yang ditemuinya dalam pesta itu adalah pelacur.

Penuntut New York membatalkan tuduhan kekerasan seks atas Strauss-Khan pada Agustus lalu karena perempuan yang menghancurkan kredibilitas Strauss-Khan itu telah berbohong soal latar belakangnya.

Perempuan ini juga punya niat memperoleh uang dengan mengajukan tuduhan terhadap Strauss-Khan. Strauss-khan sendiri mengakui hubungan seks yang dilakukan "tidak sopan", tetapi bukan sebuah pelanggaran.

Namun, tuduhan pelanggaran seks terhadap Strauss-Khan sebelumnya juga bermunculan. Dalam kasus lain bulan Oktober lalu, penuntut Perancis menolak untuk menyelidiki tuduhan seorang penulis muda Perancis bahwa Strauss-Khan pernah mencoba memerkosanya.

Penulis itu, Tristane Banon (23), mengklaim Strauss-Khan mencoba memerkosanya tahun 2003 saat dia mewawancarai Strauss-Khan berkaitan dengan buku yang hendak ditulisnya. Penuntut Perancis menolak menyelidiki kasus ini lebih jauh karena menilai kejadiannya sudah terlalu lama berlalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com