Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carla Bruni Jadi Model Patung Buruh

Kompas.com - 20/02/2012, 14:59 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Presiden Perancis Nicolas Sarkozy menjadi bahan ejekan lawan-lawan politiknya gara-gara seorang pendukungnya berencana membuat patung berwajah istrinya, Carla Bruni. Patung berbiaya sebesar 96.000 euro itu akan menampilkan Bruni sebagai simbol buruh keturunan Italia.

Patung Bruni itu direncanakan bertinggi sekitar 2,5 meter dan akan menampilkan mantan supermodel itu mengenakan pakaian buruh. Tujuan pembuatan patung itu adalah untuk menghormati kaum perempuan imigran asal Italia yang pernah bekerja keras di sebuah pabrik pengolahan bulu di kota Nogent-sur-Marne.

"Merupakan penghinaan bagi para buruh itu memberikan wajah orang yang kaya raya sebagai simbol," kata William Geib, seorang anggota Partai Sosialis di dewan kota Nogent-sur-Marne.

"Saya bukan tidak suka pada Carla Bruni-Sarkozy, tetapi dia tidak mewakili kelas pekerja," lanjut Geib.

Ide patung itu datang dari Wali Kota Nogent-sur-Marne, Jacques Martin, anggota partai UMP pimpinan Sarkozy. Martin berpendapat, dengan darah Italia serta karier modelingnya, Bruni menjadi penghormatan yang sempurna bagi komunitas Italia di Perancis.

"Dia ibu negara Perancis dan paling Italia dibandingkan semua perempuan Perancis. Saya mengusulkan, wajahnya akan dijadikan model (patung) dan dia menerimanya," kata Martin kepada media  Italia seperti dikutip Global Post, Minggu (18/2/2012).

Media-media melaporkan Bruni setuju untuk menjadi model patung itu dengan catatan namanya tidak dihubung-hubungkan dengan patung itu. Martin membantah laporan media yang mengatakan pihak berwenang setempat membayar setidaknya separuh biaya patung. Ditegaskannya, pembuatan patung itu didanai seorang pengembang swasta sebuah proyek permukiman tempat patung itu akan didirikan.

Di tengah keributan itu, peresmian patung itu akan ditunda sampai selesainya pemilihan presiden yang akan dilangsungkan dalam dua putaran, yakni 22 April dan 6 Mei. Namun hal itu telanjur menjadi bahan ejekan di internet.

"Seharusnya mereka mendirikan patung Sarkozy, yang biayanya pasti separuh dari biaya patung Carla," begitu kicauan anggota Partai Hijau, Pierre Januel, melalui Twitter. Tentu saja yang itu terkait perbedaan tinggi badan Sarkozy dan istrinya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com