Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Pangeran Belanda Belum Berubah

Kompas.com - 19/02/2012, 22:12 WIB
Pieter P Gero

Penulis

DEN HAAG, KOMPAS.com — Kondisi Pangeran Johan Friso, putra dari Ratu Beatrix dari Belanda, belum berubah sejak kecelakaan saat bermain ski yang mengerikan di Austria, Jumat lalu. Pangeran Friso dirawat di sebuah rumah sakit di Innsbruck, Austria, sejak insiden tertimpa lonsoran salju.

Istana Kerajaan Belanda, Minggu (19/2/2012), sebagaimana dikutip kantor berita AFP menyebutkan, "Kondisi kesehatan yang mulia pangeran Friso masih tak berubah." Friso masih dalam unit perawatan intensif (ICU) di Innsbruck University Hospital.

"Dia tetap stabil sekalipun masih berbahaya," ujar pihak Istana Kerajaan Belanda. Pernyataan ini masih sama sebagaimana penegasan soal pangeran berusia 43 tahun ini yang dikeluarkan hari Sabtu.

Pangeran Friso sedang bermain ski dengan seorang temannya dari Austria yang tak diungkap namanya. Jumat siang itu mendadak longsoran salju menguburkan pangeran. Kejadian ini dekat Lech, lokasi di mana keluarga Kerajaan Belanda sering melewatkan liburan musim dingin mereka.

Sekalipun menggunakan helm ski dan alat sinyal, Pangeran Friso praktis hampir 20 menit berada di dalam timbunan salju sebelum berhasil ditolong regu penolong.

Media Austria menyebutkan, Pangeran Friso kemudian dievakuasi dengan helikopter ke rumah sakit di Innsbruck. Ratu Beatrix (74) dan istri Pangeran Friso, Mabel Wisse Smit, terlihat berada di rumah sakit pada hari Minggu.

Anggota keluarga Kerajaan Belanda lainnya antara lain saudara Pangeran Friso, Putra Mahkota Willem-Alexander dan istrinya, Maxima; adik bungsunya Pangeran Constantijn dan istrinya, Putri Laurentien. Mereka semua sudah datang sejak Jumat malam.

Pihak penyidik Austria, Sabtu, menyebutkan, mereka sudah melakukan investigasi atas insiden ini, hal rutin yang selalu mereka lakukan setiap ada insiden seperti ini. Saat terjadi insiden, status awas dikeluarkan di lokasi Lech. Ini merupakan status berbahaya kedua di Austria bagi pemain ski.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com