Selasa, 25 November 2014

News / Internasional

Armata, Tank Terbaru Rusia Jadi Tahun 2013

Sabtu, 18 Februari 2012 | 11:22 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com -- Rusia sedang menguji berbagai komponen utama dari proyek pengembangan tank Armata. Purwarupa tank tempur utama terbaru itu dijadwalkan rampung pada 2013 dan akan mulai diproduksi untuk Angkatan Darat Rusia dua tahun kemudian.

Demikian diungkapkan portal berita lenta.ru, yang melaporkan Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov dan CEO pabrik tank Uralvagonzavod Oleg Sienko telah menghadap Perdana Menteri Vladimir Putin, Jumat (17/2/2012).

Portal tersebut tidak menjelaskan lebih detail soal proyek tank baru ini. Namun, pada April 2011, mantan Deputi Pertama Kepala Direktorat Kendaraan Lapis Baja Kementerian Pertahanan Rusia Letnan Jenderal Yuri Kovalenko pernah menyatakan, Rusia akan memiliki tank baru dengan berbagai karakteristik yang sama sekali baru, sistem pengisian peluru otomatis, dan ruang awak yang terpisah, pada 2015.

Kovalenko waktu itu mengatakan, hasil pengembangan dua proyek tank tempur utama lainnya, yakni Object 195 (T-95) dan Black Eagle dari akhir 1990-an, akan dimasukkan dalam pengembangan Armata.

Selain mengembangkan tank abad ke-21 ini, Kemenhan Rusia juga telah menandatangani kontrak senilai enam miliar rubel (Rp 1,8 triliun) dengan Uralvagonzavod untuk memodernisasi 170 unit tank tempur utama T-72. Pengerjaan modernisasi itu akan dilakukan di fasilitas khusus di Omsk, Siberia barat daya.

 


Penulis: Dahono Fitrianto
Editor : Nasru Alam Aziz
Sumber: