Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wulff Terganjal Fulus?

Kompas.com - 17/02/2012, 19:20 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Kanselir Jerman Angela Merkel pun pusing tujuh keliling. Soalnya, kawan terdekatnya, Presiden Jerman Christian Wulff, resmi mengatakan bakal mundur dari posisi presiden. Meski belum jelas perkara mana yang membuat pria kelahiran 19 Juni 1959 itu memilih hengkang, beberapa catatan menunjukkan kalau Wulff terganjal fulus.

Wulff yang mendapat dukungan dari Partai Uni Demokratik Kristen (CDU) saat sukses menjadi presiden pada 30 Juni 2010 itu bahkan membuat Merkel menunda kunjungannya ke Italia. Penundaan itu, sebagaimana warta AP dan AFP pada Jumat (17/2/2012), diumumkan setengah jam setelah pernyataan pengunduran diri Wulff di Istana Bellevue pada pukul 10.00 GMT atau 17.00 WIB. Padahal, kunjungan Merkel ke Italia adalah bagian penting untuk membenahi krisis mata uang euro yang melanda Eropa, termasuk Jerman tentunya.

Pihak jaksa penuntut umum memang sudah meminta agar imunitas Wurff dicabut. Dengan cara ini, memang, jaksa lebih leluasa melakukan penyelidikan. Rumor yang beredar, Wulff menyalahgunakan kekuasaannya terkait peminjaman uang.

Koran Bild pada Desember 2011, misalnya, sempat menampilkan warta soal pinjaman pribadi Wulff sebesar 500.000 euro atau 650.000 dollar AS untuk pembelian rumah pribadi pada 2008. Wulff, kata media massa itu, menerima duit tersebut dari istri mitra bisnisnya. Media menduga ia mengenakan bunga amat rendah untuk pinjaman pribadinya tersebut.

Sementara, Kamis kemarin, jaksa di Hannover mengumumkan adanya kecurigaan awal hubungan kuangan antara Wulff dan salah seorang kawannya, produser filim David Groenewold. Kabarnya, Wulff meminta karibnya itu membayar sewa hotel untuk dua kali menginap. Alhasil, penyelidikan terhadap dugaan-dugaan itu masih akan terus berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com