Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

U-2 Dipertahankan sampai 2025

Kompas.com - 15/02/2012, 00:14 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Angkatan Udara AS akan terus mengoperasikan pesawat mata-mata U-2 paling tidak sampai tahun 2025, atau sekitar 70 tahun sejak pesawat itu pertama kali dioperasikan.

Keputusan memperpanjang masa pakai U-2 ini merupakan bagian dari langkah penghematan anggaran pertahanan AS. Menurut AU AS, Senin (13/2/2012), kemampuan U-2 masih lebih unggul dibanding pesawat tak berawak Global Hawk yang sebelumnya dirancang untuk menggantikan U-2 mulai 2015.

Dua pesawat itu sama-sama berkemampuan terbang hingga ketinggian sangat tinggi di atas wilayah musuh untuk mengambil foto dan menyadap komunikasi lawan. Namun, sensor yang dimiliki U-2 berkualitas jauh lebih baik dibanding peralatan pengambil gambar Global Hawk.

Menurut Jenderal Larry Spencer dari AU AS, biaya untuk meningkatkan kemampuan Global Hawk menjadi setara U-2 akan terlalu besar sehingga Pentagon memutuskan untuk membatalkan pembelian 18 unit pesawat Global Hawk Block 30.

Pesawat mata-mata U-2 dirancang sejak era 1950-an dengan misi utama memata-matai arsenal rudal nuklir Uni Soviet. Seusai Perang Dingin, pesawat itu ternyata masih membawa banyak manfaat dalam perang di Irak dan Afganistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com