Sabtu, 2 Agustus 2014

News / Internasional

FOTO: Suhu Beku Landa Eropa

Senin, 13 Februari 2012 | 09:44 WIB

Terkait

LONDON, KOMPAS.com - Foto-foto pemandangan menakjubkan berikut ini bukan dari jantung Antartika tetapi dari daratan Eropa ketika suhu di sana anjlok mendekati minus 40 derajat Celcius. Itulah suhu terdingin di benua itu dalam beberapa dasawarsa.

Sejumlah sungai, danau, pantai dan bahkan laut telah beralih jadi ladang es di Siberia yang beku. Hamparan es itu menciptakan sejumlah pemandangan luar biasa, tetapi kondisi itu juga membawa banyak kisah tragedi.

Ribuan orang, Minggu (12/2/2012), menikmati aktivitas luar rumah di Danau Pfaeffikersee yang beku, dekat Zurich, Swiss, sementara sejumlah nelayan tampak lebih mirip orang Eskimo ketika mereka menerjang kondisi beku di sebuah reservoir di Polandia.
 
Namun di Kosovo selatan, sembilan orang tewas ketika salju yang longsor menerjang desa Restelica, kata sejumlah pejabat setempat Minggu. Korban terbaru di Kosovo itu menambah jumlah korban tewas akibat cuaca ekstrem di Eropa secara keseluruhan menjadi lebih dari 500 dalam dua minggu terakhir.

Di Polandia, kementerian dalam negeri negara itu mengatakan, 20 orang tewas dalam 24 jam terakhir karena cuaca beku. Total jumlah korban di negara itu sepanjang tahun ini telah mencapai 100 orang.

Salju longsor di Kosovo menguburkan sekitar 15 rumah pada hari Sabtu, tetapi hanya dua rumah yang ditempati orang ketika bencana itu terjadi. Seorang hilang dan seorang gadis berusia sekitar enam tahun ditemukan masih hidup pada Sabtu malam setelah penduduk dan layanan darurat menggali rumah-rumah itu. "Jumlah orang yang meninggal sekarang menjadi sembilan orang dan kami yakin masih ada satu orang hilang," kata Ibrahim Shala, juru bicara Pasukan Keamanan Kosovo (KSF).

Suhu menurun drastis di beberapa bagian Eropa hingga mendekat minus 40 derajat Celsius pada bulan Februari terdingin wilayah tersebut dalam beberapa dasawarsa terakhir. Para ahli meteorologi mengatakan, kondisi itu bisa berlangsung sampai akhir bulan.


Editor : Egidius Patnistik