Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danube Ditutup Total

Kompas.com - 10/02/2012, 07:31 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Cuaca dingin ekstrem masih terus mendera sebagian besar wilayah Eropa hingga Kamis (9/2). Pemerintah Serbia secara resmi menutup jalur pelayaran di Sungai Danube dan dua sungai lainnya setelah es menutupi tak kurang dari 600 kilometer jalur sungai tersebut.

Wartawan Kompas Nina Susilo melaporkan dari Brussels, Belgia, suhu udara masih berada di kisaran minus 18 derajat celsius sepanjang hari Kamis. Beberapa perjalanan kereta masih terlambat dari jadwal, bahkan ada pula yang dibatalkan.

Di Belanda, salju masih tebal di tepian jalan. Ini membuat warga tanpa aktivitas penting menghindari bepergian keluar rumah. Jadwal perjalanan kereta api di Belanda juga diperkirakan baru normal setelah 10 Februari.

Namun, kondisi paling ekstrem masih terjadi di Eropa timur. Pemerintah Serbia secara resmi menutup jalur pelayaran di tiga sungai utama, yakni Danube, Sava, dan Tisa, setelah suhu kembali anjlok dan lapisan es di sungai semakin tebal dan luas.

”Sungai Danube, Sava, dan Tisa membeku. Itu sebabnya larangan pelayaran dikeluarkan. Diharapkan pelayaran bisa kembali dilakukan dalam 10 hari ke depan,” tutur Deputi Menteri Infrastruktur Pavle Galic.

Suhu udara di negara bekas Yugoslavia itu kembali mencatat rekor terendah baru pada hari Kamis, yakni minus 28 derajat celsius di kota Smederevska Palanka di bagian tengah, dan minus 25 derajat celsius di kota Novi Sad.

Langkah penutupan Danube juga disusul Bulgaria, Kroasia, dan Romania, yang juga dilintasi sungai terpanjang kedua di Eropa itu. Pihak berwenang menyebutkan, sekitar 90 persen aliran sungai tersebut telah membeku sehingga tak bisa dilewati kapal.

Suhu ekstrem ini juga memicu krisis energi di Serbia. Hari Rabu (8/2), konsumsi energi listrik di negara tersebut mencapai 140,2 juta kWh, yang sebagian besar digunakan untuk menyalakan alat pemanas ruangan seoptimal mungkin demi mengusir dingin.

Tingginya kebutuhan listrik ini membuat perusahaan listrik milik negara EPS membatasi aliran listrik ke beberapa perusahaan yang selama ini menjadi pelanggan terbesar listrik di Serbia, tetapi tidak bergerak di sektor yang vital.

Dalam kondisi kebutuhan listrik sangat tinggi itu, produksi listrik ikut terancam. Pembangkit listrik tenaga air, yang mengandalkan aliran air sungai-sungai besar, terancam tak beroperasi jika sungai membeku.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com