Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veteran Perang Dunia I Wafat pada Usia 110 Tahun

Kompas.com - 07/02/2012, 22:53 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Florence Green, veteran terakhir Inggris dari Perang Dunia I, meninggal dunia pada usia 110 tahun. Rumah jompo Briar House di Kings Lynn, Inggris, mengungkapkan bahwa Green wafat pada Sabtu (4/2/2012).

Pihak Briar House, Selasa (7/2/2012), menjelaskan bahwa Florence Green, yang lahir dengan nama Florence Beatrice Patterson, bergabung dengan divisi perempuan pada angkatan udara Kerajaan Inggris, Royal Air Force (RAF), pada usia 17 tahun, September 1918. Florence kemudian bekerja sebagai pelayan pada mes perwira RAF di Marham, di Inggris timur, dan terus berada di sana saat Perang Dunia I berakhir pada November 1918.

Florence diakui secara resmi sebagai veteran Perang Dunia I setelah tim riset menemukan catatan kepegawaiannya di Arsip Nasional.

Pihak RAF merayakan hari ulang tahun ke-110 Florence pada Februari 2011 dengan pemotongan kue ulang tahun. Saat ditanya, apa yang dia inginkan begitu menginjak usia 110 tahun, Florence berujar, "Tidak banyak yang berbeda dengan usia 109 tahun".

Veteran terakhir yang selamat dari medan pertempuran Perang Dunia I, Claude Choules, meninggal dunia di Australia tahun lalu.

Perang Dunia I merupakan perang besar yang berlangsung di pusat wilayah Eropa. Perang dimulai pada 28 Juli 1914 dan berakhir 11 November 1918. Perang ini melibatkan kekuatan Sekutu yang melibatkan Inggris, Perancis, dan Rusia. Lawan mereka yang disebut dengan Kekuatan Sentral melibatkan Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia.

Perang Dunia I melibatkan lebih dari 70 juta pesonel militer, termasuk 60 juta personel warga Eropa. Ini salah satu perang dengan mobilisasi manusia yang terbesar dalam sejarah. Sekitar 9 juta personel militer tewas, terutama karena penggunaan teknologi pembunuh yang masif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com