Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Pertimbangkan Serang Iran jika Sanksi Gagal

Kompas.com - 03/02/2012, 14:32 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak, Kamis (2/2), mengatakan jika sanksi atas Iran terbukti tidak efektif, Israel akan mempertimbangkan untuk melancarkan aksi militer guna mencegah program nuklir Republik Islam tersebut. "Kalau sanksi gagal menghentikan program nuklir Iran, maka perlu untuk mempertimbangkan dilakukannya tindakan," kata Barak.

Saat menyampaikan pidato terbuka dalam penutupan Konferensi Herzliya, Barak menyatakan Israel bersedia melakukan tindakan sebelum keadaan "sangat terlambat". "Ada kepercayaan luas internasional bahwa penting untuk mencegah Iran berpaling kepada ’nuklir’ dan tak ada pilihan yang bisa diabaikan," katanya.

Barak menyatakan perlu untuk melakukan tindakan sebelum Teheran mencapai kemampuan nuklir, meski Iran mengatakan nuklirnya untuk tujuan sipil. Kemampuan nuklir Iran, kata Barak, menjadi ancaman global, lapor harian Ha’aretz.

Wakil Perdana Menteri Israel Moshe Ya’alon, Kamis, juga memperingatkan konsensus tentang "Iran yang memiliki nuklir", dan menekankan itu bisa jadi "mimpi buruk buat dunia bebas". Namun, Ya’alon yang juga Menteri Urusan Strategis dan mantan kepala staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF), mengatakan Barat dapat melancarkan serangan militer terhadap setiap instalasi nuklir Iran. "Setiap instalasi yang dipertahankan manusia dapat ditembus," katanya. "Setiap instalasi di Iran dapat diserang, dan saya berbicara dari pengalaman sebagai kepala staf IDF."

Kamis pagi, Direktur Dinas Intelijen Militer Israel, Mayor Jenderal Aviv Kochavi mengatakan dalam konferensi Herzliya bahwa Iran "sekarang siap membuat bom nuklir".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com