Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Kematian Osama Kemungkinan Dirilis

Kompas.com - 01/02/2012, 11:20 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Foto-foto dan rekaman video kematian Osama bin Laden kemungkinan bakal dirilis ke publik, The Atlantic Wire melaporkan, Selasa (31/1/2012).

Menurut ABC News, CIA memiliki sedikitnya 52 foto Osama yang dinilai cukup bisa membuat perut mual. Foto-foto yang membuat penasaran itu dilaporkan "cukup mengerikan karena menunjukkan luka tembak mematikan di kepala Osama bin Laden dan sejumlah foto jenazahnya".

Menyusul kematian Osama, Judicial Watch mengajukan tuntutan hukum yang menuntut dirilisnya foto-foto penyerbuan yang menewaskan Osama di Pakistan. Tuntutan itu didasarkan pada Freedom of Information Act. Sekarang ini, tampaknya Departemen Kehakiman akan memenuhi tuntutan tersebut.

Dan Metcalfe, mantan direktur Kantor Informasi dan Privasi Departemen Kehakiman, mengatakan pada The Atlantic Wire bahwa berdasarkan respons pemerintah terhadap tuntutan itu, ada sejumlah bagian dari rekaman itu "secara legal bisa diungkap".

Hal ini membuka kembali kemungkinan dirilisnya foto-foto pascakematian Osama.

Satu tim Navy SEAL menyerbu kediaman Osama di Abbottabad, Pakistan, Mei 2011 lalu. Penyerbuan itu berhasil menewaskan pemimpin kelompok Al Qaeda itu. Gedung Putih menerangkan, jenazah Osama dimakamkan di laut setelah dilakukan upacara sesuai tata cara Islam.

Seorang pengacara Mesir, Montasser el-Zayat, berpendapat, pemakaman di laut itu dilakukan agar makam Osama tidak dijadikan tempat ziarah oleh para pengikutnya. "Mereka (AS) tidak ingin Osama dijadikan simbol. Tetapi, dia sudah menjadi simbol di hati rakyat," kata el-Zayat kepada The Guardian, Mei 2011 lalu.

Departemen Pertahanan AS hanya merilis foto-foto kediaman Osama pada Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com