Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assad dan Keluarga Akan Dibunuh seperti Khadafy

Kompas.com - 31/01/2012, 15:48 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Presiden Suriah Bashar al-Assad, istrinya Asma, dan keluarga mereka akan mengalami nasib berdarah "seperti Moammar Khadafy" ketika rezimnya jatuh. Peringatan itu disampaikan seorang pemimpin gerakan oposisi.

Haitham Maleh, seorang anggota komite eksekutif Dewan Nasional Suriah (SNC), mengatakan pada The Daily Telegraph, Senin (30/1/2012), Assad telah memusnahkan semua kesempatan keluar dari Suriah secara damai dengan menindak keras para pengunjuk rasa.

Maleh adalah mantan hakim yang pernah mendekam di penjara karena aktivitasnya memperjuangkan HAM. Dia memprediksi Assad, istri, dan tiga anak mereka bakal terbunuh dalam aksi balas dendam karena kegagalannya merespons secara positif tuntutan perubahan secara damai.

"Assad dan keluarganya akan terbunuh di Suriah, langkah mereka berikutnya akan berdarah-darah," ujar Maleh.

"Dua bulan lalu kami menawarkan pada pilihan untuk membiarkan kami dan pergi. Namun, dia justru memburu darah rakyatnya. Akhir baginya adalah dia akan terbunuh seperti Khadafy," paparnya.

Media-media Timur Tengah melaporkan bahwa Asma Assad berusaha kembali ke Inggris atau setidaknya menjauhi pertempuran di Damaskus. Surat kabar Mesir Al-Masry-Al-Youm, mengutip sumber-sumber di kalangan pemberontak, melaporkan, Nyonya Assad bersama tiga anaknya, Hafez, Zein, dan Lareem, juga ibu dan sepupu Assad, dibawa ke bandara Damaskus. Namun, konvoi yang membawa mereka dicegat tentara pembelot hingga mereka terpaksa kembali ke istana kepresidenan.

PBB memperkirakan lebih dari 5.000 orang tewas dari kedua pihak saat rezim Suriah menggunakan tank, roket, dan unit penembak jitu untuk meredam demonstrasi. Serangan pemerintah itu dilakukan oleh Divisi ke-4 yang sangat loyal pada pemerintah karena dipimpin oleh Maher, saudara kandung Bashar al-Assad.

Menurut Maleh, tak lama lagi "dua angkatan bersenjata" bakal berhadap-hadapan setelah aparat keamanan meninggalkan kesatuan mereka.

"Sebagian besar personel militer akan memisahkan diri dari tentara Assad demi melindungi rakyat. Maher, khususnya, sangat brutal, dia akan keluar dan menembaki sendiri rakyatnya, dan tentara biasa tidak menginginkan hal itu," lanjut Maleh.

Tokoh oposisi berusia 80 tahun itu menolak tawaran Rusia untuk menjembatani dialog dengan rezim Assad demi mengakhiri kekerasan yang terus meningkat. "Tidak akan ada perundingan. Bagaimana kami bisa berdialog dengan rezim kriminal, kami tidak bisa melakukannya sekarang," tegas Maleh, pendiri komite eksekutif SNC.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com