Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Presiden Suriah Gagal Kabur

Kompas.com - 31/01/2012, 09:13 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Aparat keamanan Suriah berusaha menyelundupkan keluarga Presiden Bashar al-Assad keluar dari Suriah, tetapi pasukan pemberontak berhasil menggagalkannya, ungkap sumber dari kelompok oposisi Suriah yang dikutip surat kabar Mesir, Al-Masry-Al-Youm, Minggu (29/1/2012).

Surat kabar itu melaporkan, tentara pemerintah berusaha membantu Asma Assad keluar dari negara itu melalui Damaskus. Asma dilaporkan hendak kabur bersama anak-anaknya serta ibu dan sepupu Bashar al-Assad.

Sebuah konvoi kendaraan pemerintah terlihat bergerak menuju bandara Damaskus, sebelum kemudian dicegat oleh satu brigade tentara pembelot, demikian Al-Masry-Al-Youm melaporkan.

Sumber-sumber itu menyebutkan, sempat terjadi baku tembak antarkedua pihak yang akhirnya menggagalkan upaya pelarian itu. Keluarga Assad pun kembali ke istana kepresidenan Suriah.

Sementara itu bentrokan bersenjata antara pasukan pemerintah dan tentara pemberontak terus terjadi di banyak tempat di Suriah. Korban sipil pun terus berjatuhan.

Menurut Pengawas Suriah untuk Hak Asasi Manusia, selama Minggu (29/1/2012), 41 warga sipil tewas di seluruh Suriah, termasuk 14 orang di Provinsi Homs dan 12 di Kota Hama. Sebanyak 31 tentara dan anggota aparat keamanan juga terbunuh. Sebagian besar tewas dalam dua serangan oleh para tentara pembelot di Provinsi Idlib.

Para aktivis mengatakan, tentara Suriah membunuh 19 orang dalam pertempuran untuk merebut kembali wilayah pinggiran Kota Damaskus dari tangan pemberontak pada Minggu. Sehari sebelumnya, Liga Arab menghentikan misi pengamatan karena meningkatnya kekerasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com