Sabtu, 26 Juli 2014

News / Internasional

Pilihan Mode

PM Julia Gillard Pakai Sepatu Buatan Dalam Negeri

Jumat, 27 Januari 2012 | 22:14 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Insiden terlepasnya sepatu sebelah kanan Perdana Menteri Australia Julia Gillard saat menyelamatkan diri dari kepungan demonstran di Canberra, Kamis (26/1/2012), mengungkapkan sisi lain pejabat tertinggi Pemerintah Australia tersebut: Gillard ternyata mencintai produksi dalam negeri.

Editor mode harian Sydney Morning Herald, Georgina Safe, menulis, sepatu kulit suede berwarna biru tua itu bukan sepatu mewah buatan Italia atau Perancis, melainkan sepatu buatan Australia bermerek Midas.

Di Australia, sepatu-sepatu merek Midas dikenal sebagai sepatu yang  fashionable dan tahan lama, tetapi dengan harga yang relatif masih terjangkau. Dalam laman resmi Midas, sepasang sepatu model wedges seperti yang dikenakan Gillard dijual dengan harga 148 dollar Australia atau sekitar Rp 1,4 juta. Bandingkan dengan harga sepatu merek terkenal dari Italia atau Perancis yang bisa lebih dari tiga kali lipat harga tersebut.

Safe mencatat, Gillard selama ini dikenal selalu mendukung produk mode lokal Australia, termasuk dengan mendukung desainer-desainer Australia, seperti Carla Zampatti di Sydney dan Aurelio Costarella di Perth.

Saat menghadiri upacara pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton di London, tahun lalu, Gillard mengenakan busana rancangan Zampatti dan Costarella.

Dukungan terhadap produk lokal juga ditunjukkan Ibu Negara Perancis Carla Bruni yang dikenal suka mengenakan sepatu Dior bersol rata atau berhak pendek. Ibu Negara AS Michelle Obama, yang suka bermain padu padan, memadupadankan busana berharga terjangkau, seperti  J Crew, dengan busana rancangan Jason Wu, desainer New York kelahiran Taiwan yang menjadi favorit Michelle.

Bagaimana dengan para pejabat tinggi Indonesia?

 

 


Penulis: Dahono Fitrianto
Editor : Marcus Suprihadi