Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Gedung Ambruk di Rio de Janeiro

Kompas.com - 26/01/2012, 10:23 WIB

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Dua gedung bertingkat di pusat kota Rio de Janeiro, Brasil, Rabu (25/1/2012). Kantor berita AP melaporkan, penyebab ambruknya gedung masih simpang siur. Begitu juga dengan jumlah korban.

Terdapat sejumlah laporan berbeda tentang jumlah korban. Menurut juru bicara Departemen Pertahanan Sipil Rio, dua orang dipastikan tewas. Namun para pejabat dari kantor Wali Kota dan Dinas Kesehatan Kota membantahnya dan mengatakan belum ada kepastian tentang korban tewas hingga Kamis (26/1/2012) pagi. Jumlah korban terluka juga tidak jelas.

Sementara itu, Wali Kota Rio, Eduardo Paes mengatakan empat orang korban tengah dirawat di rumah sakit. "Masih ada sejumlah orang yang tertimbun reruntuhan gedung, tetapi kami tidak mengetahui jumlahnya. Kami menerima informasi yang berbeda-beda," kata Paes seperti dikutip AFP.

Sebelumnya, jaringan televisi Globo News, yang mengutip pejabat Departemen Pertahanan Sipil, melaporkan terdapat 11 korban "tewas dan terluka" dalam tragedi itu.

Wali Kota Paes mengatakan dua gedung, masing-masing bertingkat 10 dan 20, ambruk. Sebelumnya, beberapa saksi mata mengaku mendengar ledakan besar di area itu, disusul bau gas yang sangat kuat.

Namun Paes meragukannya. "Tampaknya tidak ada ledakan. Gedung runtuh karena masalah konstruksi. Saya rasa tidak ada kebocoran gas," lanjutnya.

Gedung itu berlokasi di kawasan bersejarah Cinelandia. Kawasan itu sangat sibuk di siang hari, namun menjadi lengang ketika malam tiba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com