Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AU Rusia Uji Coba Rudal Antipesawat Terbaru

Kompas.com - 25/01/2012, 10:43 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Angkatan Udara Rusia dikabarkan sedang menguji coba rudal udara-ke-udara generasi terbaru, yang nantinya akan dipasang pada pesawat buru sergap supersonik MiG-31BM Foxhound.

Demikian diungkapkan Kepala Staf AU Rusia Kolonel Jenderal Alexander Zelin, di Moskwa, Selasa (24/1/2012). Zelin mengatakan, rudal baru itu sedang menjalani berbagai uji coba di lokasi pengujian AU Rusia.

Zelin tidak menyebutkan detail rudal baru tersebut, tetapi beberapa pakar militer meyakini rudal yang dimaksud adalah rudal jarak jauh K-27M atau dikenal juga dengan sebutan RVV-BD atau AA-X-13 Arrow menurut sebutan NATO.

"Kemungkinan besar rudal itu adalah rudal udara-ke-udara jarak jauh Vympel K-37M. Ini adalah penerus rudal R-33 (AA-9 Amos menurut sebutan NATO) yang dikembangkan untuk MiG-31 pada awal 1970-an," tutur Douglas Barrie, pakar peperangan udara dari International Institute for Strategic Studies di London, Inggris.

Menurut Barrie, program pengembangan rudal K-37 sendiri sudah dimulai sejak 1980-an, tetapi masalah pendanaan membuat program itu tertunda-tunda. Rudal yang sekarang diuji coba juga telah mengalami pengembangan lebih lanjut dari desain aslinya.

"Rudal K-37M kemungkinan besar akan disebut dengan R-37M begitu dioperasikan. Rudal ini akan menjadi senjata antipesawat utama di MiG-31BM untuk meningkatkan kemampuan penyergapan pesawat-pesawat tempur dan rudal balistik musuh," kata Barrie.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com