Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Kanada Pesan 20.000 Bola Penghilang Stres

Kompas.com - 21/01/2012, 12:09 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com — Militer Kanada, yang menghadapi pengetatan ikat pinggang, skandal mata-mata, dan belum lama ini telah menyelesaikan misi tempur sembilan tahun di Afganistan, Jumat (20/1/2012), memesan 20.000 bola penghilang stres.

Militer memerlukan mainan lunak yang bisa diremas itu yang dirancang untuk menghilangkan stres paling lambat akhir Maret, sebelum awal tahun fiskal baru, demikian jejaring yang mengiklankan kontrak pemerintah.

Kanada menurunkan benderanya di Kandahar, Afganistan Selatan, dan menyerahkan tanggung jawab keamanan pada pasukan Afganistan dan AS pada 1 Desember. Dengan begitu militer Kanada mengakhiri penggelaran tentaranya di Afganistan Selatan dan misi tempurnya yang paling lama.

Perang di Afganistan merenggut 157 nyawa prajurit Kanada, serta 2 pekerja bantuan, 1 diplomat senior, wartawan dan pelatih militer. Dana yang dihabiskan dalam perang itu mencapai 11 miliar dollar AS.

Sekarang Departemen Pertahanan Kanada menghadapi pemotongan anggaran sebagai bagian dari upaya lebih luas pemerintah untuk memangkas pengeluaran sebesar 10 persen.

Baru-baru ini, seorang perwira Angkatan Laut Kanada ditangkap dan menghadapi tuntutan menyerahkan rahasia militer, yang dilaporkan ke Rusia. Tak ada keterangan lain mengenai pesanan bola penghilang stres tersebut, selain bola karet tersebut harus berwarna "oranye".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com