Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Negara Rundingkan Korea Utara

Kompas.com - 20/01/2012, 11:46 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang bersepakat untuk mengadakan pertemuan trilateral para menteri luar negeri untuk membicarakan keadaan di Semenanjung Korea setelah wafatnya Kim Jong Il dan masalah lain, kata Kementerian Luar Negeri Seoul, Kamis (19/1/2012).

Kesepakatan itu dicapai saat perundingan tiga arah para diplomat senior di Washington pekan ini yang bertujuan untuk mengkoordinasikan langkah mereka selanjutnya setelah wafatnya Kim Jong Il pada 17 Desember yang mendorong putra ketiganya, Kim Jong Un sebagai ahli waris serta menjadikannya pemimpin.

"Republik Korea Selatan, AS dan Jepang telah setuju mengadakan perundingan trilateral menteri luar negeri pada saat saling membutuhkan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Korsel Cho Byung-jae kepada wartawan.

Setelah pertemuan pada pekan ini di Washington, Departemen Luar Negeri AS menyatakan tiga negara "setuju bahwa ada jalan terbuka bagi Korea Utara untuk melanjutkan perundingan dan meningkatkan hubungan dengan AS, Jepang dan Republik Korea Selatan melalui dialog".

Kepala utusan Korea Selatan Lim Sung Nam bagi perundingan enam pihak mengenai program senjata nuklir Korut mengadakan perundingan bersama mitra asal Jepang Shinsuke Sugiyama dan Kurt Campbell yang menjadi diplomat tinggi Washington di Asia.

Perundingan enam pihak yang melibatkan Korut, Korsel, China, Jepang, Rusia dan AS telah terhenti sejak 2008 namun upaya agar Korut kembali ke dalam meja perundingan mendapat sejumlah dorongan pada 2011.

Wafatnya Kim memberi penghentian upaya diplomatik untuk menghidupkan kembali perundingan enam pihak dan hal itu masih belum jelas apakah kepemimpinan baru Korut berniat untuk mengadakan perundingan dengan dunia luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com