Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Retakan pada Sayap Airbus A380

Kompas.com - 20/01/2012, 08:17 WIB
Haryo Damardono

Penulis

PARIS, KOMPAS.com —  Produsen pesawat Airbus menemukan keretakan pada logam di bagian dalam sayap dari dua unit Airbus A380. Inspeksi tersebut dikerjakan setelah kasus rontoknya mesin Airbus A380 asal Qantas yang sempat melintasi wilayah udara Indonesia pada tahun 2010.

Keretakan ditemukan pada sebagian kecil dari struktur logam di dalam sayap Airbus A380. Tepatnya pada bagian pertulangan yang menghubungkan rusuk sayap dengan permukaan sayap dari pesawat komersial terbesar di dunia itu.

Juru bicara Airbus, Stefan Schaffrath, seperti dikutip dari Associated Press, Jumat (20/1/2012), mengatakan, sejauh ini keretakan ditemukan pada dua dari sembilan Airbus A380 yang sudah diperiksa.

Kini 68 unit pesawat Airbus A380 senilai 390 juta dollar Amerika Serikat dioperasikan oleh tujuh maskapai, termasuk Emirates yang menerbangkan 20 unit Airbus A380. Tiap pesawat dapat dimuati 525 penumpang di dalam tiga kelas.

Otoritas Keselamatan Penerbangan Eropa akan mengeluarkan instruksi bagi penerbangan yang mengudarakan A380 pada hari Jumat ini. Keretakan berbeda pada komponen pesawat yang sama, juga telah ditemukan dan diperbaiki pada dua unit Airbus A380 milik Singapore Airlines setelah inspeksi yang juga dipicu oleh kasus Airbus A380 milik Qantas pada bulan November 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com