Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kelebihan Penduduk Kota

Kompas.com - 17/01/2012, 19:54 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Boleh jadi, China mendulang sukses soal orbanisasi. Data Biro Statistik China menunjukkan sampai dengan akhir 2011, jumlah penduduk China mencapai 1,34 miliar jiwa. Dari jumlah itu, sebagaimana warta Xinhua, AP, dan AFP pada Selasa (17/1/2012), 51,2 persennya tinggal di perkotaan. Jumlah itu mencakup 252,78 juta penduduk migran.

Data itu juga menunjukkan pada akhir 2011, jumlah penduduk perkotaan China naik 1,32 persen ketimbang setahun sebelumnya.
 
Sebelumnya, pemerintah China mewajibkan penduduknya didaftar. Dalam kaitan itu, warga bisa memilih menyebut dirinya sebagai penduduk kota atau desa.

Kendati demikian, sejumlah kalangan mengatakan perbedaan antara penduduk kota dan desa makin kabur. Soalnya, pembatasan menetap di suatu tempat dilonggarkan seiring dengan makin besarnya kecenderungan perpindahan penduduk.

Tak cuma itu, beberapa pemerintah daerah mendorong warga desa pindah ke perkotaan dengan syarat warga tidak lagi mengklaim atas lahan-lahan pertanian. Meskipun begitu, skema ini tidak banyak diminati warga desa.

Secara historis sebagian besar penduduk China adalah masyarakat agraris. Tapi, selama tiga dekade terakhir terjadi urbanisasi ke kota. Para penduduk berusaha memetik manfaat dari pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Para ahli sudah mengingatkan makin besarnya jumlah penduduk perkotaan bisa berdampak negatif terhadap masyarakat dan lingkungan.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com