Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Lalu, "Arab Spring" Muncul dari Tunisia

Kompas.com - 14/01/2012, 19:44 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Persis pada 14 Januari 2011, rakyat Tunisia berhasil melengserkan Presiden Ben Ali dari kekuasaannya. Lantaran peristiwa itulah, sebagaimana warta AP dan AFP pada Sabtu (14/1/2012), perubahan politik di sejumlah negara Arab di kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah mengemuka. Khalayak banyak menyebutnya sebagai Arab Spring. Kini, Tunisia merayakan peristiwa setahun silam itu.

Sekjen PBB Ban Ki-moon, dalam sebuah pesannya yang ditujukan kepada rakyat Tunisia, menyatakan, dunia diilhami oleh perubahan politik yang terjadi di Tunisia. Menurutnya, tuntutan demokrasi, kebebasan dan penghormatan martabat, yang diteriakkan warga Tunisia, memaksa Ben Ali melarikan diri ke Arab Saudi.

Peringatan ini akan dipimpin langsung oleh Presiden Tunisia Moncef Marzouki, Perdana Menteri Hamadi Jebali, serta Ketua Parlemen Mustapha Ben Jaafar. Rencananya, acara ini akan dihadiri oleh sejumlah pemimpin Afrika utara serta Timur Tengah.

Salah satu tamu yang dijadwalkan hadir adalah Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika dan Kepala Dewan Nasional Transisi Libya Mustafa Abdel Jalil.

Sementara itu, bertepatan dengan peristiwa ini, pemerintah Tunisia akan memberikan pembebasan bersyarat kepada sekitar 5,000 orang tahanan. Pembebasan bersyarat ini akan diutamakan pada para tahanan perempuan, lanjut usia, orang asing, serta bukan napi kriminal.

Selain digelar di istana kepresidenan, peringatan setahun peristiwa bersejarah ini juga akan digelar para pegiat hak asasi manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com