Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 ABK WNI Luka Bakar Diterbangkan AU AS ke Christchurch

Kompas.com - 13/01/2012, 11:53 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Indonesia di Selandia Baru, Agus Sriyono, Jumat (13/1/2012), menginformasikan bahwa tiga orang warga negara Indonesia awak kapal nelayan berbendera Korea Selatan, Jeong Woo 2, akan tiba di bandar udara Christchurch, Selandia Baru, sekitar pukul 20.45 waktu setempat atau sekitar pukul 14.45 waktu Jakarta.

Ketiganya diterbangkan dengan menggunakan pesawat Globemaster C-17 milik Angkatan Udara Amerika Serikat.

Sesuai rencana, mereka setibanya di Christchurch akan dibawa dan dirawat di rumah sakit umum setempat. Sriyono berencana menemui mereka Sabtu pagi waktu setempat.

Mereka sebelumnya diberitakan mengalami luka bakar akibat kecelakaan kapal tersebut di perairan Antartika hari Rabu kemarin. Total anak buah kapal WNI yang bekerja di kapal nelayan tersebut berjumlah tujuh orang. Kapal Jeong Woo 2 terbakar hebat, yang mengakibatkan tiga dari total 40 orang kru tewas.

"Untuk tiga orang yang luka nanti mereka akan dirawat dahulu di rumah sakit sampai sembuh," ujar Sriyono saat dihubungi Kompas.

Sementara itu empat anak buah kapalWNI lain yang selamat, bersama beberapa kru lainnya yang juga selamat, diangkut dengan kapal Jeong Woo 3 menuju Selandia Baru. Diperkirakan, perjalanan akan memakan waktu sekitar tujuh hari.

"Pihak KBRI juga akan mencoba membantu mereka, para awak kapal yang luka dan yang selamat, dengan juga menemui agen kapal yang mempekerjakan mereka soal bagaimana selanjutnya. Hal itu menyangkut kejelasan pembayaran asuransi dan tiket pesawat mereka kembali ke tanah air," tambah Sriyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com