Jumat, 18 April 2014

News / Internasional

Kapal Pembawa Senjata Rusia Tiba di Suriah

Kamis, 12 Januari 2012 | 21:26 WIB

Baca juga

ANKARA, KOMPAS.com -- Pejabat Turki mengatakan, sebuah kapal barang Rusia, yang diduga membawa berton-ton senjata, Kamis (12/1/2012), telah berlabuh di pelabuhan Suriah setelah otoritas Siprus melepas kapal tersebut sehari sebelumnya.

Kapal yang dimiliki perusahaan Westberg Ltd yang bermarkas di St Petersburg, Rusia, itu ditahan oleh otoritas Siprus setelah singgah di negara anggota Uni Eropa tersebut di luar jadwal yang telah ditetapkan. Kapal itu dianggap melanggar sanksi embargo senjata terhadap Suriah yang diterapkan di seluruh Uni Eropa.

Media Siprus melaporkan, kapal itu membawa puluhan ton amunisi. Pihak Siprus akhirnya melepas kapal itu setelah kapten kapal menyatakan akan mengubah tujuan akhirnya menjadi ke Turki.

Namun demikian, pejabat Kementerian Luar Negeri Turki Selcuk Unal mengatakan, menurut informasi dari Angkatan Laut Turki, kapal itu tak pernah tiba di Turki dan dilaporkan sudah merapat di pelabuhan Tartus, Suriah, Kamis.

Di Tartus, Rusia memiliki fasilitas perawatan dan perbekalan bagi kapal-kapal angkatan lautnya, yang beberapa hari lalu dikunjungi konvoi kapal perang Rusia yang sedang bermanuver di Laut Tengah.

Kapal tersebut dilaporkan telah mematikan perangkat pelacaknya dan informasi dari Turki ini belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.


Penulis: Dahono Fitrianto
Editor : Nasru Alam Aziz
Sumber: