Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mongolia dan Jepang Tingkatkan Pertahanan

Kompas.com - 12/01/2012, 18:05 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pada peringatan ke-40 kerja sama Mongolia dan Jepang, kedua negara meningkatkan hubungan bilateral mereka dalam kolaborasi pertahanan. Pihak Kementerian Pertahanan Mongolia dan Badan Pertahanan Jepang, kemarin, meneken nota kesepahaman mengenai hal itu di Ulan Bator, ibu kota Mongolia.

Menurut warta Xinhua pada Kamis (12/1/2012), Dinas Pers Mongolia melaporkan bahwa Presiden Mongolia Tsakhia Elbegdorj bertemu dengan  Menteri Pertahanan Jepang Yasuo  Ichikawa, yang melakukan kunjungan dua hari ke Mongolia.
   
Selama pertemuan mereka, Presiden Elbegdorj mengatakan ia senang bisa melihat tamu pertama Jepang adalah anggota kabinet Jepang. Presiden menambahkan bahwa ia puas dengan kerja sama saat ini antara kedua negara.
   
Menteri Jepang menyatakan terima kasih kepada rakyat Mongolia yang menyampaikan bantuan ke Jepang selama terjadi bencana tsunami. Dia mengatakan, deklarasi bersama tentang kemitraan strategis ditandatangani pada tahun 2010, dan bahwa penandatanganan MoU antara kementerian pertahanan Mongolia dan badan pertahanan Jepang telah memperluas peluang kerja sama antara kedua negara.
   
Selama pertemuan, pejabat Jepang dan Mongolia itu saling bertukar pandangan mengenai kerja sama di bidang pertahanan antara kedua negara.
   
Para pejabat membahas kerja sama mengenai  kamp pelatihan penjaga perdamaian di Mongolia yang menjadi pusat pelatihan penjaga perdamaian internasional, pelatihan para perwira senior Mongolia di sekolah-sekolah dan akademi militer Jepang, serta  kerja sama dalam rangka operasi Penjaga Perdamaian PBB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com