Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Segera Kirim Sisa Pesanan Mi-17 ke Afganistan

Kompas.com - 11/01/2012, 21:22 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia akan mengirimkan seluruh helikopter Mi-17V5 pesanan Amerika Serikat untuk Afganistan, pada paruh pertama tahun ini. Demikian ditegaskan Dinas Kerjasama Teknis Militer Federal Rusia, Rabu (11/1/2012).

Pihak AS menandatangani pembelian 21 helikopter angkut militer Mi-17V5 dari Rusia, Mei lalu, untuk diberikan kepada angkatan bersenjata Afganistan, sebelum AS menarik mundur pasukannya dari negara itu.

Hingga 30 Desember 2011, Rusia telah mengirim sembilan helikopter tersebut ke Afganistan, dan saat ini sedang dirakit dan menjalani uji kelayakan terbang.

"Sisa 12 helikopter Mi-17V5 dan perlengkapan terkait akan dikirim dalam paruh pertama tahun 2012 ini," demikian bunyi pernyataan dinas tersebut.

Mi-17 adalah versi ekspor dari heli angkut legendaris Mi-8 Hip buatan Rusia. Heli ini dilengkapi mesin turboshaft yang lebih bertenaga dan mampu mengangkut hingga 35 orang sekaligus.

Heli ini memiliki daya angkut lebih besar dan harga lebih murah dibandingkan dengan heli transpor Blackhawk andalan AS, dan disebut-sebut lebih sesuai untuk operasi di medan Afganistan. (RIA Novosti/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com